Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) menggunakan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam mata pelajaran Geografi kelas X IS SMAN 1 Tumpang / Widya Triapriliani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) menggunakan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam mata pelajaran Geografi kelas X IS SMAN 1 Tumpang / Widya Triapriliani

Triapriliani, Widya (2017) Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) menggunakan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam mata pelajaran Geografi kelas X IS SMAN 1 Tumpang / Widya Triapriliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Triapriliani Widya. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Geografi Kelas X IS SMAN 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (II) Drs. Rudi Hartono M.Si. Kata Kunci Problem Based Learning kemampuan berpikir kritis Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dapat memberikan peluang keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih guru untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis adalah model problem based learning menggunakan lembar kegiatan peserta didik. Kelebihan model problem based learning menggunakan lembar kegiatan peserta didik yaitu problem based learning berisi tantangan untuk menemukan pengetahuan baru bagi peserta didik melalui problem based learning peserta didik dilatih cara berpikir dan problem based learning dapat mengembangkan minat peserta didik untuk belajar secara terus menerus sekalipun pendidikan formal berakhir. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning menggunakan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X IS SMAN 1 Tumpang. Penelitian ini dirancang menggunakan eksperimen semu dengan posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah kelas X IS 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IS 3 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai kemampuan berpikir kritis. Instrumen penelitian ini terdiri dari 5 butri soal. Validitas kostruk pada penelitian ini dilakukan oleh dosen geografi Bapak Hadi Soekamto. Uji coba dilakukan pada peserta didik selain sampel penelitian setelah butir soal dinyatakan valid oleh validator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai sig. (1-tailed) adalah 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53557

Actions (login required)

View Item View Item