Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS Madrasah Aliyah / Bastian Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS Madrasah Aliyah / Bastian Wibowo

Wibowo, Bastian (2017) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS Madrasah Aliyah / Bastian Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibowo Bastian. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berfikir Analitis pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS Madrasah Aliyah. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ach Amirudin M.Pd (2) Drs. Sudarno Herlambang M.Si. Kata Kunci Model PembelajaranInkuiriTerbimbing Kemampuan Berpikir Analitis Inkuiri terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang menggunakan pendekatan berbasis masalah. Setiap proses dalam pembelajaran inkuiri melatih peserta didik untuk berpikir secara aktif. Pembelajaran menggunakan inkuiri terbimbingdiharapkan dapat melatih peserta didik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir analitis dan memiliki keterampilan berpikir yang tinggi. Pembelajaran inkuiri terbimbing diharapkan dapat membantu peserta didik untuk memahami perubahan di lingkungan sekitarnya melalui tahapan pengumpulan data di luar kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiriterbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi Kelas XI IPS MA Al Maarif Singosari. Rancangan penelitian ini adalah Pretest-Postest-Control Group Design yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al Maarif Singosari kelas XI IPS 1sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir analitis peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir. Analisis data dilakukan dengan membandingkan gain score antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Nilai probabilitas kelas eskperimen adalah 0 004. Jika nilai probabilitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53530

Actions (login required)

View Item View Item