Pengaruh model pembelajaran Discovery Based Learning (DBL) materi Geografi sub bab Ketahanan Pangan Nasional terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI MAN Kota Batu / Veri Angryawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Discovery Based Learning (DBL) materi Geografi sub bab Ketahanan Pangan Nasional terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI MAN Kota Batu / Veri Angryawan

Angryawan, Veri (2017) Pengaruh model pembelajaran Discovery Based Learning (DBL) materi Geografi sub bab Ketahanan Pangan Nasional terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI MAN Kota Batu / Veri Angryawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Angryawan Veri. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Based Learning (DBL) Materi Geografi Sub Bab Ketahanan Pangan Nasional terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI MAN Kota Batu. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hendri Purwito M.Si (II) 2. Drs. Didik Taryana M. Si Kata Kunci Discovery Learning Berfikir Kritis Standar Proses menyebutkan bahwa setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif inspiratif menyenangkan menantang memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013). Berdasarkan hal tersebut maka diujikan model pembelajaran Discovery Based Learning. Model Discovery Based Learning membuat siswa aktif dalam menggali informasi secara mandiri di lapangan ilmu yang diperoleh berasal dari pengalaman pribadi serta hasil observasi dan temuan dilapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada bidang studi Geografi kelas XI di MAN Kota Batu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment)dengan subjek penelitian adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal subjektif untuk post-test. Teknik analisis menggunakan uji-t tidak berpasangan dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.00 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan Discover Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis pada bidang studi Geografi siswa kelas XI. Berdasarkan hasil analisis data diketahui kemampuan berfikir kritis siswa siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 79.11 sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai sebesar 77.63. Hasil uji-t 0 001 lebih kecil dari 0 005 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaranDiscovery Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada bidang studi Geografi siswa kelas XI di MAN Kota Batu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan disarankan bagi sekolah untuk memberikan referensi seminar atau workshop kepada guru mengenai model Discovery Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Saran bagi guru saat pembelajaran dapat menggunakan model pembelajaran Discovery Based Learning ini untuk menjadi model yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Geografi karena model ini merupakan salah satu model yang disarankan dalam kurikulum. Saran bagi peneliti lanjutan yang meneliti model pembelajaran Discovery Based Learning untuk menambahkan variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53529

Actions (login required)

View Item View Item