Romadani, Suci (2016) Peningkatan berpikir kreatif siswa kelas X IPS 4 dengan model pembelajaran investigasi kelompok di SMA Negeri 2 Malang / Suci Romadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Romadani Suci. 2016. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X IPS 4 dengan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok di SMA Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Soelistijo M.Si (II) Dr. Budi Handoyo M.Si. Kata Kunci berpikir kreatif investigasi kelompok Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kreatif siswa yang merupakan salah satu tujuan dari pendidikan nasional. Semua mata pelajaran harus mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa termasuk geografi. Kenyataan di lapangan pembelajaran geografi yang dilakukan di SMA Negeri 2 Malang terutama kelas X IPS 4 masih belum mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Berbagai permasalahan pembelajaran geografi masih dijumpai di kelas tersebut mulai dari rendahnya ketuntasan belajar siswa hingga penerapan model pembelajaran yang kurang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X IPS 4 dengan model pembelajaran Investigasi Kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Kegiatan analisis data dilakukan dengan analisis data deskriptif kuantitatif dari hasil kemampuan berpikir kreatif siswa yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran investigasi kelompok dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X IPS 4 di SMA Negeri 2 Malang. Model pembelajaran investigasi kelompok juga dapat menambah wawasan siswa melalui kegiatan investigasi di luar kelas. Penerapan model pembelajaran Investigasi Kelompok disarankan tidak terjadi kesalahan sintak atau tahapan pembelajaran serta semua siswa dapat terlibat dalam proses investigasi di lapangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |