Swandari, Suci (2015) Pengaruh kondisi sosial dan ekonomi terhadap partisipasi orang tua dalam pelakasanaan wajib belajar 12 tahun di desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang / Suci Swandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Swandari Suci. 2015. Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi TerhadapPartisipasi Orang Tua dalam PelaksanaanWajib Belajar 12 Tahun di Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang.Skripsi JurusanPendidikanGeografi FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. YuswantiArianiWirahayu M.Si (II) Drs. Mustofa M.Pd. Kata kunci sosial ekonomi partisipasi wajibbelajar Kondisipendidikan di DesaPulosarimasihtergolongrendah.Hal inimenun-jukkanbahwabanyakhambatanuntukmeningkatkankualitasdanpemerataanpendidikan.Untukmengatasihaltersebutpemerintahtelahmengeluarkankebijakanwajibbelajar 9 tahun yang sekarangdilanjutkandenganwajibbelajar 12 tahun se- bagaicarauntukmeningkatkansumberdayamanusia yang unggul. Tujuanpenelitianadalahuntuk 1) mengetahuikondisisosialdanekonomi orang tua 2) mengetahuibagaimanapartisipasi orang tuadalampelaksanaanwajibbelajar 12 tahun 3) mengetahuiadatidaknyahubungankondisisosialdanekonomi orang tuaterhadappelaksanaanwajibbelajar 12 tahun di DesaPulosariKecamatanBarengKabupatenJombang. Penelitianinimerupakanjenispenelitiankorelasionaldenganmenggunakanpendekatankuantitatifdenganmetode survey. Populasipenelitianiniadalahorang tua yang memilikianakusiawajibbelajar 12 tahun di DesaPulosarisebanyak140 sampelditentukandenganteknikproportional area sampling dengan70 responden.Pengumpulan data dilakukandenganangket wawancara danobservasi.Analisisyang digunakanyaitutabulasitunggaldankorelasiproduct moment. Hasilpenelitiandiperolehbahwa 1)sebagianbesartingkatpendidikan orang tualulusan SD/Mi sebagianbesar orang tuabekerjasebagaipetani dansebagianbesarorang tuamemilikibebantanggungandua orang sebagianbesarorang tuamemilikipendapatan yang sedang 2) partisipasiorang tuadalambentuktenaga sangattinggi partisipasihartabenda tinggi partisipasibentukfikiran sangattinggi danpartisipasisosial tinggi 3) pendidikanorang tuamemilikihubungan yang signifikanterhadappartisipasi sedangkanbebantanggungantidakmemilikihubungan yang signifikanterhadappartisipasi pendapatan orang tuamemilikihubungan yang signifikanterhadappartisipasi. Berdasarkanhaltersebutmakasaran yang diajukanyakni1)perluadanya program perbaikan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah setempat seperti memberikan bantuan Usaha Kecil Menegahkepada ibu rumah tangga yang tidak bekerja dan buruh tani 2)Pemerintahharuslebihmemperhatikan mengawasisertamengevaluasi program wajibbelajar 12 tahun 3)Perluadanyaupayadaripeme-rintahuntukmemberikansosialisasitentangpentingnyapendidikandasarbagianak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |