Pengembangan web pembelajaran TIK M.S Excel kelas VIII semester genap tahun ajaran 2013-2014 di SMPN 11 Malang / Imaz Robi Safirna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan web pembelajaran TIK M.S Excel kelas VIII semester genap tahun ajaran 2013-2014 di SMPN 11 Malang / Imaz Robi Safirna

Safirna, Imaz Robi (2015) Pengembangan web pembelajaran TIK M.S Excel kelas VIII semester genap tahun ajaran 2013-2014 di SMPN 11 Malang / Imaz Robi Safirna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Safirna Imaz Robi. 2014. Pengembangan Web Pembelajaran TIKM.S Excel kelas VIII Semester GenapTahun Ajaran 2013/2014 di SMP N 11 Malang.Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd dan (2) Dra. Susilaningsih M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Web TIK M.S. Excel SMP Kelas VIII Perkembangan teknologi dan informasi bebrapa tahun terakhir ini sangat pesat sehingga mengubah pradigma masyarakat khususnya siswa dalam mencari dan mendapatkan informasi pembelajaran yang tidak lagi terbatas ruang dan waktu. Dengan media pembelajaran berbasis komputer memungkinkan pembelajaran yang terkoneksi dengan jaringan Internet. Web sebagai pembelajaran yang dapat dilakukan di dalam kelas dan pada waktu tertentu.Tujuan dari pengembangan ini adalah mengembangkan webpembelajaran pelajaran TIK materi mengolah angka di M.S Excel kelas VIII semester genap di SMP N 11 Malang untuk mengetahui efektifitas web pembelajaran yang dihasilkan dari pengembagan ini. Metode pengembangan yang digunakan adalah model pembelajaran berbasis web Davison-Shivers Rasmussen dengan melaksanakan 6 tahapan pengembangan yang terdiri dari (1) analisis (2) rancangan evaluasi (3) desain serentak (a) desain (b) pengembangan (c) uji coba implementasi (d) evaluasi formatif dan (4) evaluasi sumatif dan penelitian. pengembangan pembelajaran ini diujicobakan kepada siswa kelas VIII SMP N 11 Malang. Jenis data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam pengembangan ini menggunakan instrumen antara lain angket (ahli media ahli materi siswa) dan Tes Hasil Belajar. Teknik analisis data yang digunakan antara lain tanggapan ahli media tanggapan ahli materi dan siswa dengan menggunakan kriteria kevalidan/kelayakan media pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menggunakan tes hasil belajar untuk mengetahui apakah web pembelajaran dapat digunakan sebagai alternatif pencapaian tujuan pembelajaran. Hasil pengembangan web pembelajaran yang telah divalidasi kepada ahli media ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh hasil sebesar 90% di kategorikan valid ahli materi diperoleh hasil sebesar 86 6% di kategorikan valid serta diujicobakan kepada 3 siswa diperoleh hasil sebesar 67 5%dikategorikan cukup valid 37siswa diperoleh hasil sebesar 77 5% dikategorikan cukup valid. dapat disimpulkan bahwa web pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid untuk digunakan di SMP N 11 Malang. Saran yang diajukan untuk pengembangan berikutnya yaitu hendaknya lebih memperhatikan kompetensi guru dalam mengolah online learning sarana dan prasarana/teknologi dan materinya lebih singkat dan jelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item View Item