Rismaya, Leni Fitria (2015) Peningkatan motivasi dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Tumpang Kabupaten Malang melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) / Leni Fitria Rismaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rismaya Leni Fitria. 2014. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Tumpang Kabupaten Malang melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT). Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Achmad Amirudin M.Pd (II) Purwanto S.Pd. M.Si. Kata Kunci Teams Game Tournament Motivasi belajar Hasil belajar Observasi awal peneliti di SMAN 1 Tumpang menunjukkan bahwa motivasi belajar kelas XI IPS 2 masih perlu ditingkatkan lagi karena masih terdapat siswa yang memiliki motivasi belajar kurang. Kegiatan pembelajaran cenderung didominasi oleh guru (teacher center). Siswa hanya duduk mendengarkan bahkan ada siswa yang bermain sendiri dan tidak mendengarkan ketika guru sedang memberi penjelasan. Rendahnya motivasi belajar berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Hasil ulangan Geografi menunjukkan 32 siswa memiliki nilai di bawah KKM atau tidak tuntas belajar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan mata pelajaran geografi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Teams Game Tournament (TGT).Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pemberian tes dan angket pada setiap akhir siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes formatif dan angket. Analisis data meliputi kegiatan mengolah data menarik kesimpulan dan refleksi.Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang pada materi pelestarian lingkungan hidup dalam kaitanya dengan pembangunan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran TGT mampu meningkatkan motivasi belajar dengan total skor sebesar 76 86 pada siklus I dan meningkat menjadi 82 60 pada siklus II. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 76.61% dan pada siklus II sebesar 93.52%.Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang. Disarankan bagi sekolah agar menggunakan TGT sebagai alternatif model pembelajaran untuk mengatasi permasalahan di sekolah berkaitan dengan pembelajaran. Bagi guru yang menerapkan model TGT perlu memperhatikan alokasi waktu dan pembentukan kelompok. Bagi peneliti lanjut penghargaan yang variatif berguna untuk lebih memacu motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53284 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |