Efendi, Ari (2014) Pengaruh model pembelajran group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung / Ari Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Efendi Ari. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si (II) Drs. Hendri Purwito M.Si. Kata Kunci pembelajaran model group investigation kemampuan berpikir kritis dan minat belajar 12288 12288 12288 12288 Kegiatan utama pendidikan di sekolah adalah pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam mencapai tujuan pendidikan perlu adanya pembelajaran yang dapat menarik minat dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dipilihnya model Group Investigation karena model ini merancang pola pembelajaran aktif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa pada mata pelajaran geografi dengan menggunakan pembelajaran model Group Investigation lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan metode konvensional. Konvensional pada penelitian ini merujuk pada kegiatan pembelajaran yang biasa dilakukan di kelas yaitu ceramah tanya jawab dan diskusi. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu yang termasuk penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Rejotangan Kabupaten Tulungagung dengan kelas eksperimen XI IPS 3 dan kelas kontrol XI IPS 2 yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Data dalam penelitian ini ialah kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa. Pengumpulan data dengan pemberian tes sebelum perlakuan yang disebut pretest dan sesudah perlakuan yang disebut posttest. Analisis data dilakukan dengan membandingkan gain score kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tulungagung yang mengikuti pembelajaran dengan model Group Investigation lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan (konvensional). Diharapkan pada guru mata pelajaran dapat menerapkan pembelajaran model Group Investigation sebagai alternatif dalam pembelajaran sehingga siswa dapat mengeluarkan seluruh kemampuannya dalam pembelajaran terutama dalam kemampuan berpikir kritis serta meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53219 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |