Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada matapelajaran geografi kelas XI-IS MA Muhammadiyah 2 Paciran / Widya Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada matapelajaran geografi kelas XI-IS MA Muhammadiyah 2 Paciran / Widya Astuti

Astuti, Widya (2014) Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada matapelajaran geografi kelas XI-IS MA Muhammadiyah 2 Paciran / Widya Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Astuti Widya. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI-IS MA Muhammadiyah 2 Paciran. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Budi Handoyo M.Si (II) Drs. Mustofa M.Pd. Kata Kunci model problem solving berpikir kritis 12288 12288 12288 12288 Salah satu ketrampilan geografi (geographycal skill) yang penting dan perlu dikembangkan dalam pembelajaran geografi adalah kemampuan berpikir kritis. Pada prakteknya di sekolah kemampuan berpikir kritis masih kurang mendapatkan perhatian sehingga kemampuan berpikir kritis siswa kurang bisa berkembang dengan baik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran geografi kelas XI-IS MA Muhammadiyah 2 Paciran. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dikembangkan dengan pre test-post test control group design. Subyek penelitian yaitu kelas XI-IS-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IS-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes essai untuk pretes dan postes. Teknik analisis hipotesis dengan uji-t (independent sample t-test) dengan menggunakan bantuan SPSS 16.00 for Windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran problem solving di MA Muhammadiyah 2 Paciran. Rata-rata kemampuan berpikir kritis (gain score) siswa kelas eksperimen adalah 0 5077 sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas kontrol 0 3421 dengan nilai signifikan sebesar 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53175

Actions (login required)

View Item View Item