Penerapan strategi pembelajaran kontekstual REACT untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VII-B di SMP Mualimin Kabupaten Blitar / Siti Masfiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pembelajaran kontekstual REACT untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VII-B di SMP Mualimin Kabupaten Blitar / Siti Masfiah

Masfiah, Siti (2012) Penerapan strategi pembelajaran kontekstual REACT untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VII-B di SMP Mualimin Kabupaten Blitar / Siti Masfiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci strategi pembelajaran kontekstual REACT hasil belajar geografi Proses perbaikan mutu pendidikan yang dilakukan di sekolah masih banyak mengalami hambatan salah satunya indikasinya pada hasil belajar siswa yang masih rendah. Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas VII-B SMP Mualimin didapatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa 37 63. Hanya satu siswa (5 26%) yang dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh guru dan selebihnya (94 74%) mendapat nilai dibawah KKM. Rendahnya hasil belajar ini dipengaruhi oleh strategi belajar pembelajaran yang dipakai guru kurang tepat dengan materi yang diajarkannya guru banyak mengalami kesulitan memahami materi geografi karena guru bukan lulusan pendidikan geografi sehingga tidak tahu mana materi yang benar dalam ilmu geografi karena penjelasan dalam buku teks berbeda-beda. Selain itu cara mengajar guru yang sama persis dengan buku yang dimiliki siswa membuat siswa beranggapan pelajaran geografi adalah pelajaran hafalan guru menggunakan metode ceramah mencatat tanyajawab dan penugasan dikarenakan terbatasnya sumber belajar dan media yang ada disekolah. Metode-metode yang digunakan tersebut kurang mengajak siswa berfikir kritis sehingga pemahaman materi yang dimiliki siswa kurang dan berdampak pada hasil belajar yang rendah. Berkaitan dengan hal tersebut alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah hasil belajar yang rendah adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran kontekstual REACT. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memecahkan masalah di kelas dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B dengan jumlah siswa 19 orang pada semester genap tahun ajaran 20011/2012 di SMP Mualimin Kabupaten Blitar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan pertemuan pertama untuk tindakan pembelajaran dan pertemuan kedua dilakukan untuk tes hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar catatan lapangan dan observasi saat pelaksanaan tindakan serta tes tulis di setiap akhir siklus. Analisis data diperoleh dari pengurangan skor nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II kemudian di buat persentase peningkatan hasil belajar dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kontekstual REACT dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa pada materi gejala-gejala yang ada di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di kelas VII-B SMP Mualimin. Strategi REACT terdiri dari kegiatan Relating (mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman yang tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari siswa) Experiencing (mengalami menggali menemukan dan menciptakan konsep secara mandiri melalui pengalaman pembelajaran secara langsung) Applying (menerapkan materi ke konteks yang bermanfaat bagi kehidupan) Cooperating (bekerja sama untuk berfikir dan bertukar pendapat dalam pemecahan masalah) dan Transfering (memindahkan dan meratakan pengetahuan dari siswa satu ke siswa lain). Perolehan pengetahuan yang dimiliki siswa dalam menerapkan strategi REACT membutikan bahwa adanya peningkatan skor hasil belajar dari tindakan ke siklus I meningkat 64 34% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 27 23%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53013

Actions (login required)

View Item View Item