Avrilianda, Decky (2018) Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di Pusdiklat Pegawai Kemendikbud / Decky Avrilianda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Avrilianda Decky. 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pusdiklat Pegawai Kemendikbud. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Sri Redjeki M.S Pembimbing (II) Drs. M. Ishom M.Pd Kata kunci Gaya Kepemimpinan Motivasi Kerja Kinerja Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai di Pusdiklat Pegawai Kemendikbud. (2) Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di Pusdiklat Pegawai Kemendikbud. (3) Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di Pusdiklat Pegawai Kemendikbud. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap yang ada di Pusdiklat Pegawai Kemendikbud sebanyak 126 orang. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan total sampel 56 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara Disproportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan catatan lembaga berupa sejarah singkat struktur organisasi dan sebagainya. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alfa Cronbach. Alat ukur terbukti valid dan reliabel untuk instrumen penelitian. Analisis regresi berganda digunakan untuk uji hipotesis penelitian ini. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Gaya kepemimpinan memiliki pengaruh signifikan pada pengujian hipotesis variabel gaya kepemimpinan diperoleh thitung sebesar 4 958 dengan nilai signifikansi sebesar 0 000. Nilai statistik uji thitung tersebut lebih besar daripada ttabel (4 958 2 006) atau nilai signifikansi lebih kecil dari 945 0 05 maka disimpulkan variabel gaya kepemimpinan secara parsial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel kinerja. (2) motivasi kerja memiliki pengaruh yang signifikan pada pengujian hipotesis variabel motivasi kerja diperoleh thitung sebesar 2 557 dengan nilai signifikansi sebesar 0 013. Nilai statistik uji thitung tersebut lebih besar daripada ttabel (2 557 2 006) atau nilai signifikansi lebih kecil dari 945 0 05 maka disimpulkan variabel motivasi kerja secara parsial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel kinerja. (3) gaya kepemimpinan dan motivasi kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan. Secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 22 773 (Sig F 0 000). Ftabel pada taraf nyata 5% dengan derajat bebas 2 dan 53 sebesar 3 17. Karena Fhitung Ftabel (22 773 3 17) dan Sig F 5% (0 000 0 05) maka Ho ditolak yang berarti bahwa secara bersama-sama variabel gaya kepemimpinan dan motivasi kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kinerja. Saran untuk lembaga Pusdiklat Pegawai Kemendikbud terutama pada gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala Pusat Pusdiklat Pegawai Kemendikbud seharusnya kepala pusat dapat mengubah pola pikir bawahannya menjadi lebih baik sebab berdasarkan jawaban dari responden item tersebut merupakan item yang mempunyai jawaban rata-rata terendah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 02:08 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5294 |
Actions (login required)
View Item |