Upaya meningkatkan keaktifan belajar geografi dengan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) siswa kelas X-1 di SMA Ibrahimy Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi / Meitri Liana Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan keaktifan belajar geografi dengan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) siswa kelas X-1 di SMA Ibrahimy Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi / Meitri Liana Dewi

Dewi, Meitri Liana (2011) Upaya meningkatkan keaktifan belajar geografi dengan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) siswa kelas X-1 di SMA Ibrahimy Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi / Meitri Liana Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keaktifan belajar pembelajaran kooperatif model TAI Berdasarkan hasil observasi pemilihan model pembelajaran yang dilaksanakan pada hari sabtu tanggal tanggal 26 februari 2011 diperoleh gambaran kondisi siswa di Kelas X-1 SMA Ibrahimy Wongsorejo. Keaktifan siswa dalam menganalisis masih tergolong rendah. Rendahnya keaktifan belajar siswa ini disebabkan oleh 2 faktor yaitu guru hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok. Dimana pada saat metode ceramah guru hanya menyampaikan materi ajar secara teoritis dan ketika diskusi kelompok siswa siswa berbicara dengan teman kelompoknya di luar materi pelajaran dan ada juga siswa yang menunggu untuk mencontoh jawaban teman kelompoknya tanpa memahami tugas yang diberikan. Kalkulasi perhitungan aktivitas siswa di kelas X-1 di antaranya yaitu siswa yang tidak aktif belajar mencapai 75% sedangkan siswa yang aktif hanya 25%. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Salah satunya dengan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan keaktifan belajar geografi siswa kelas X-1 semester 2 di SMA Ibrahimy Wongsorejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas yang menuntut peneliti untuk terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaan penelitian hingga pelaporan data. Kegiatan penelitian terdiri dari 2 siklus penelitian setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi. Penelitian dilaksanaan di kelas X-1 SMA Ibrahimy Wongsorejo dengan jumlah siswa 25 orang pada materi menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan muka bumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningatan keaktifan belajar siswa dengan peningkatan rata-rata kekatifan siswa sebesar 55 21 % pada siklus I meningkat menjadi 85 91% pada siklus II. Peningkatan keaktifan juga dapat dilihat dengan meningkatnya keaktifan kelompok siswa yaitu sebesar 54 34% pada siklus I menjadi 84 70%pada siklus II. Saran yang diajukan dalam penelelitian ini yaitu (1) bagi guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran TAI sebagai salah satu pembelajaran alternatif agar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa (2) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk memfokuskkan penggunaan model pembelajaran TAI dalam peningkatan keaktifan siswa untuk mengungkapkan ide/pendapat (3) bagi peneliti selanjutnya yang berminat menggunakan pembelajaran dengan model TAI agar dapat dikembangkan lebih lanjut pada materi lain dan pada mata pelajaran lain agar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52910

Actions (login required)

View Item View Item