Perbedaan interaksi kelompok antara siswa kelompok pola tutorial sebaya dengan kelompok pola acak dalam bidang studi geografi kelas I Madrasah Aliyah Assulaimaniyah Mojoagung Jombang (tahun pelajaran 2002/2003) oleh St. Lilik Chusniatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan interaksi kelompok antara siswa kelompok pola tutorial sebaya dengan kelompok pola acak dalam bidang studi geografi kelas I Madrasah Aliyah Assulaimaniyah Mojoagung Jombang (tahun pelajaran 2002/2003) oleh St. Lilik Chusniatin

Chusniatin, St. Lilik (2010) Perbedaan interaksi kelompok antara siswa kelompok pola tutorial sebaya dengan kelompok pola acak dalam bidang studi geografi kelas I Madrasah Aliyah Assulaimaniyah Mojoagung Jombang (tahun pelajaran 2002/2003) oleh St. Lilik Chusniatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajarakne lompokm enekankapne ntingnyak omqnikasvi erbala ntar siswad alamt im-tim kecil. Dalamm odelp embelajaratne rsebust iswad iberi kesempataunn tukm embicarakapne ngamatamn ereka id e-idem erekad ant eoriteori merekad alam suatum ata pelajaran.P embelajarank elompokd apatd ibentuk denganp ola-polate rtentu s alahs atunyad apatd ibentukd enganp olat utorial sebaya. Penelitianin i bertujuanu ntukm engetahuai datidaknyain teraksia ntara pembelajarakne lompokp olat utorial sebayad enganp ola acak.D isampingit u penelitianin i juga bertujuanu ntukm engetahuai dat idaknyap erbedaanp restasi belajars iswaa ntarak eduap ola interaksyi angb erbeda. Penelitianin i merupakanp enelitiand eskriptifd enganje nis penelitiannya quasie ksperimens.u byekp enelitiani ni adalahs iswak elasI MacarasahA liyah AssualimaniaMh oj oagungJ ombangT ahunp elaaj ra n 2002I 2 003.S elanuj tnya secarat mdiand itentukank elasI a sebagaki elas eksperimend an kelas Ib sebagai kelasp embandingM. asing-masingke last erdiri dari 50 siswa.H anyas ajau ntuk mengetahupi restasib elajar siswap adak elompok eksperimend iambil 40 siswa. Instrumeny angd ikembangkana dalah (l) Instrumenp engamatainn teraksr belajar siswa (2) Instrumen belajar siswa yang berupa tes dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkahna sila nalisisnyam enunjukkanh al-hals ebagabi erikut (l) tingkat kebersamaand alamm enyelesaikans uatum asalahs ertat ingkat tanggung jawab terhadapt ugas-tugask elompok kelompok pola tutorial sebayale bih baili daripada kelompok pol acak (2) Prestasi belajar kelompok kedua pola tersebut tidak adap erbedaana rtinya antarap embelajarank elompok pola tutorial sebaya dengan pola acak prestasi belajarnya sama. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t untukt utorials ebayaa dalah0 .451d anp adap ola acaku ji tjuga diperolehs ebesar 0.451. Bagi peneliti lain apabilam engambipl ermasalahain i diharapkan menggunakank emampuana wal siswad ari sedangk e tinggi dengant ujuan untuk mengujia pakahte muanm akint inggi tingkatk ebersamaadna lamm enyelesaikan masalaha ntara nggaotak elompoks ehinggan antinyad apatm eningkatkanp restasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52821

Actions (login required)

View Item View Item