Penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing untukj meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas III semester Ii di SDN 02 Karang Widoro Malang / Moh Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing untukj meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas III semester Ii di SDN 02 Karang Widoro Malang / Moh Hidayat

Hidayat, Moh (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing untukj meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas III semester Ii di SDN 02 Karang Widoro Malang / Moh Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat Moh. 2015. Penerapan Model PembelajaranKooperatif Snowball Throwing untukMeningkatkanHasilBelajarSiswaMata PelajaranMatematikaKelas III Semester II di SDN 02 KarangWidoro Malang.Skripsi JurusanTeknologiPendidikan FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Anselmus J.E Toenlioe M.Pd(II)Dr.Sulthoni M.Pd. Kata Kunci Model Snowball Throwing hasilbelajar Sekolahmerupakanlingkunganpendidikan yang menyediakanbermacamkesempatanbagisiswauntukberbagaikegiatanbelajarsehinggasiswamemperolehpengalamanpendidikan.Lingkunganpendidikantersebutdisusundalambentukkurikulumdanmetodepengajaran.Metodepengajaran di sekolahditerapkanoleh guru dalam proses pembelajaranuntukmencapaitujuanpembelajaran. Proses pembelajaranharuslahdirancangdenganbaikdansesuaidengankebutuhandankarakteristiksiswa. Siswakelas III SDN 02 KarangWidoro Malang mengalamikesulitandalammemahamikonsepkelilingdanluasbangundatarkarenasiswahanyamendengarkanpenjelasandari guru.Hal ituterlihatdariketuntasanhasilbelajarklasikalsiswapadaobservasiawalyaitu 36%.Ketuntasantersebutbelummemenuhi KKM matapelajaranmatematikakelas III SDN 02 KarangWidoro Malang yaitu 60. Salah satuupayamengatasihaltersebut makadiperlukansuatu model pembelajaran yang dapatmembuatsiswalebihaktif kreatif dansenangdalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dimaksudadalah model pembelajaranSnowball Throwing. Penelitianinidilaksanakanpadatanggal 10 Maret 2015 sampai 17 Maret 2015 dengantujuanmesdeskripsikanpenerapan model pembelajarankooperatifSnowball Throwing untukmeningkatkanhasilbelajarsiswamatapelajaranmatematikakelas III semester II di SDN 02 KarangWidoro Malang sertamengetahuipeningkatanhasilbelajarmatapelajaranmatematikasiswakelas III SDN 02 KarangWidoro Malang. JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (PTK).Sedangkanpengumpulan data menggunakanteknikobservasi wawancara dantes.Peneltianinidilaksanakandalam 2 siklus.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas III SDN 02 KarangWidoro Malang yang terdiridari 14 siswa. HasildaripenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanSnowball Throwing matapelajaranmatematikakonselkelilingdanluasbangundatardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Dibuktikandenganpeningkatanketuntasanbelajarklasikaldariobservasiawal 36% menjadi 43% padasiklus 1.Ketuntasanbelajarklasikalpadasiklus 2 jugameningkatmenjadi 79%.Hasilpelaksanaanpembelajaranoleh guru padasiklus 1 menunjukkanbahwaada 5 deskriptor yang tidakterlaksanayaitumemeriksakehadiransiswa menyampaikantujuanpembelajaran menjelaskan model pembelajaranSnowball Throwing besertalangkah-langkahnya menunjuksiswamenuliskan agenda danmengucapkansalampadaakhirpembelajaran. Semuadeskriptorpadalembarketerlaksanaanpembelajaranoleh guru padasiklus 2 telahterlaksanasesuaidenganrencanapelaksanaanpembelajaran yang telahdisusunsebelumnya.Sedangkanpresentasehasilbelajarafektifdalampembelajaranmengalamipeningkatansiklus 1 yaitu 57%menjadi 86 % padasiklus 2. Hasilbelajarafektifdikategorikantuntasklasikalkarena rata-rata ketuntasanhasilbelajarafektifpadasiklus 2 8805 75% yaitu 86%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/528

Actions (login required)

View Item View Item