Estika, Gadhing Maya (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan motvasi dan hasil belajar geografi siswa kelas VIII 6 SMP NEGRI 1 SINGOSARI./gadhing maya Estika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Estika Gadhing Maya. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Singosari. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach. Amirudin M.Pd (II) Prof. Dr. Edy purwanto M.Pd. Kata Kunci think pair share (TPS) motivasi belajar hasil belajar. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi langsung diketahui bahwa hasil belajar geografi siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Singosari cukup rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas VIII G untuk mata pelajaran Geografi sebesar 54 53 serta masih banyak hasil belajar siswa yang berada di bawah Standar Ketuntasan Minimum (SKM) yang ditetapkan yakni sebesar 77. Hasil belajar yang rendah ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih tradisional yaitu menggunakan metode caramah tanya jawab. Metode ini membentuk siswa menjadi pasif merasa bosan dan cenderung meremehkan guru dengan ramai bersama temannya maka akan menyebabkan motivasi belajar siswa menjadi rendah. Jika motivasi belajar rendah maka akan mempengaruhi hasil belajar menjadi rendah. Berdasarkan permasalahan di atas maka perlu diterapkan model pembelajaran baru yaitu Think Pair Share (TPS). TPS merupakan suatu model sederhana dengan keuntungan besar. TPS dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat suatu informasi dan seorang siswa juga dapat belajar dari siswa lain serta saling menyampaikan idenya untuk didiskusikan sebelum disampaikan di depan kelas. Selain itu TPS juga dapat memperbaiki rasa percaya diri dan semua siswa mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam kelas. TPS sebagai salah satu model pembelajaran kooperatif terdiri dari 3 tahapan yaitu thinking pairing dan sharing. Guru tidak lagi sebagai satu-satunya sumber pembelajaran (teacher oriented) tetapi justru siswa dituntut untuk dapat menemukan dan memahami konsep-konsep baru (student oriented). Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar geografi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (2) meningkatkan hasil belajar geografi dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti terlibat langsung dalam seluruh proses penelitian mulai dari perencanaan pelaksanaan hingga pelaporan data. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan tes observasi catatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII G SMP Negeri 1 Singosari dengan jumlah siswa 36 orang pada materi pokok permasalahan lingkungan dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari persentase seluruh aspek motivasi belajar i siswa yang diamati yaitu 64 97% dengan kategori cukup pada siklus I meningkat menjadi 74 85% dengan kategori tinggi pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa setelah tindakan dimana nilai rata-rata tes akhir siklus I sebesar 72 22% meningkat menjadi 94 29% pada siklus II. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran geografi dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Singosari (2) pembelajaran geografi dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Singosari. Adapun saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah (1) untuk melaksanakan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share memerlukan persiapan yang sungguh-sungguh guru harus mampu menentukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan dengan metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dalam proses belajar mengajar guru harus mampu mengelola kelas dengan baik agar tidak terjadi kegaduhan saat proses pembelajaran (2) penelitian ini hanya terbatas pada materi permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan. Sebaiknya bagi peneliti lain memperluas penelitian pada materi lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/52788 |
Actions (login required)
View Item |