Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah lingkungan hidup pada mata pelajaran geografi di SMP Negeri 13 Malang / Dina Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah lingkungan hidup pada mata pelajaran geografi di SMP Negeri 13 Malang / Dina Andriani

Andriani, Dina (2010) Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah lingkungan hidup pada mata pelajaran geografi di SMP Negeri 13 Malang / Dina Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dina Andriani. 2009. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Memahami Lingkungan Hidup pada Mata Pelajaran Geografi di SMP Negeri 13 Malang. Skripsi Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M. Pd (2) Drs. Dwiyono Hari Utomo M. Pd. M. Si. Kata Kunci pembelajaran Berbasis Masalah Aktivitas Belajar Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 20 Oktober di kelas VIII-B SMP Negeri 13 Malang diketahui bahwa 75% siswa mengatakan bahwa mata pelajaran geografi membosankan karena terlalu banyak konsep yang harus dihafalkan (banyak hafalan) mereka kurang memahami manfaat pelajaran geografi bagi kehidupan nyata serta jarang melakukan observasi keluar kelas. Indikasi kuat yang melatarbelakangi kesulitan siswa untuk memahami materi yang disampaikan antara lain karena kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah Geografi. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas serta hasil belajar siswa yang menunjukkan hanya ada 2 atau 5% siswa yang terlihat aktif sedangkan yang lain kurang aktif serta kemampuan siswa dalam memecahkan masalah hanya ada 5 siswa yang dapat memecahkan masalah dengan baik. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah masih kurang hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang menyebutkan hanya terdapat 4 dari 40 siswa atau 10% yang bisa menyelesaikan masalah sedangkan yang 90% masih perlu bimbingan dan latihan dalam memecahkan masalah. Untuk mengatasi permasalahan kualitas pembelajaran maka disusunlah pembelajaran geografi dengan mengimplementasikan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam memahami permasalahan lingkungan hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah dengan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah lingkungan hidup di SMP Negeri 13 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas belajar siswa nilai hasil diskusi dan nilai hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan kemudian nilai hasil diskusi siswa berdasarkan skor perolehan nilai hasil diskusi sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan nilai hasil tes yang dilaksanakan pada akhir siklus. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes lembar observasi aktivitas belajar siswa dan catatan lapangan serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam memahami permasalahan lingkungan hidup SMP Negeri 13 Malang ditunjukkan dengan peningkatan aktivitas belajar siswa dari 65 07% (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 76 67% (baik) pada siklus II. Peningkatan hasil diskusi siswa dapat diketahui rata-rata skor hasil diskusi siswa sebesar 57 18% (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 76 5% (baik) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar iv siswa dapat diketahui dari rata-rata nilai tes pada tiap akhir siklus sebesar 67 92% (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 71 1% (baik) pada siklus II. Berdasarkan penelitian di atas guru mata pelajaran geografi dalam pembelajaran geografi perlu dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah karena ini sangat mendukung untuk kemampuan berfikir kritis serta menimgkatkan kecerdasan dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52735

Actions (login required)

View Item View Item