Penerapan strategi pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan perolehan belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri Ambulu Jember / Ida Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan perolehan belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri Ambulu Jember / Ida Kurniawati

Ida Kurniawati (2009) Penerapan strategi pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan perolehan belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri Ambulu Jember / Ida Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fakta pembelajaran geografi di SMAN Ambulu Jember menunjukkan bahwa (1) evaluasi hasil belajar siswa kelas X.4 pada materi konsep pendekatan prinsip dan aspek geografi meliputi aspek pengetahuan pemahaman dan penerapan. Rata-rata hasil tes kognitif sebesar 46 53 dan 82% siswa belum mencapai KKM mata pelajaran geografi. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep geografi siswa masih rendah. (2) Kegiatan kelompok dan diskusi kurang efektif karena hannya beberapa siswa yang aktif dan belum siap dengan bahan yang akan didiskusikan Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan perolehan belajar siswa kelas X.4 di SMAN Ambulu Jember pada semester I tahun ajaran 2007/2008 pada tanggal 25 oktober-6 desember 2007. Penelitian ini dilaksanakan dengan 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara klasikal pada siklus 1 2 dan 3 skor rata-rata kemampuan berpikir kritis berturut-turut sebesar 2 52 (kurang kritis) 3 14 (cukup kritis) dan 4 21 (kritis). Skor rata-rata aktivitas kelompok pada siklus1 2 dan 3 dalam kategori sangat aktif berturut-turut yaitu sebesar 3 53 3 70 3 70. Skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus 1 2 3 berturut-turut sebesar 2 91 (aktif) 3 17 (aktif ) 3 76 (sangat aktif). Rata-rata skor tes hasil belajar siswa pada siklus 1 2 dan 3 berturut-turut sebesar 66 91 83 29 87 42. Dari hasil penelitian disarankan bahwa strategi pembelajaran Reciprocal Teaching diterapkan untuk materi tata surya dan jagad raya dan didukung dengan media yang relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52713

Actions (login required)

View Item View Item