Mulyani, Yogia Friska (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA materi sifat cahaya kelas VIII di SMPN 10 Malang / Yogia Friska Mulyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mulyani Yogia. F. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPA Materi Sifat Cahaya kelas VIII di SMPN 10 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Henry Praherdhiono S.Si. M.Pd (II) Yerry Soepriyanto S.T M.T. Kata Kunci Multimedia Pembelajaran Pendekatan Saintifik Sifat Cahaya. Multimedia pembelajaran merupakan kombinasi dari berbagai media seperti teks gambar grafik audio animasi dan video yang dibuat untuk mempermudah menyampaikan pesan dalam kegiatan pembelajaran. Multimedia dapat menjelaskan materi pembelajaran yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret memberikan pengalaman langsung dan menarik perhatian siswa. Hasil observasi di SMPN 10 Malang dapat disimpulkan bahwa siswa membutuhkan media dalam mengkonstruksi pengetahuan sehingga beberapa materi IPA yang bersifat abstrak dapat lebih konkret dan siswa menjadi lebih tertarik untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik untuk mata pelajaran IPA kelas VIII dengan materi Sifat Cahaya yang dilengkapi dengan petunjuk pemanfaatan bagi guru yang memenuhi unsur valid dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan untuk multimedia yang dikembangkan oleh William W. Lee dan Diana L. Owens (2004) yang terdiri dari 5 langkah utama yaitu analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian dalam uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMPN 10 Malang. Multimedia dengan pendekatan saintifik ini telah divalidasi oleh seorang ahli media dan seorang ahli materi serta telah dilakukan uji coba lapangan sebanyak 33 siswa. Setelah dilakukan analisis data diketahui hasil rata-rata kelayakan dari ahli media sebesar 90% ahli materi sebesar 91 25% dan uji lapangan sebesar 94 12%. Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan bahwa multimedia dengan pendekatan saintifik ini dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Multimedia dengan pendekatan saintifik ini juga dinyatakan efektif hal ini terbukti dari nilai tes hasil belajar yang didapatkan siswa setelah menggunakan multimedia. Dari 33 siswa didapatkan sebanyak 29 siswa atau sebesar 87 87% yang memenuhi KKM ( 8805 75).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/527 |
Actions (login required)
View Item |