Yusuf, Mochammad Farid (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA materi Atmosfer Bumi untuk siswa kelas VIII SMPN 3 Tulungagung / Mochammad Farid Yusuf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yusuf Mochammad Farid. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPAMateriAtmosfer BumiUntuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tulungagung.Skripsi JurusanTeknologiPendidikan FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Anselmus J.E Toenlioe M.Pd (II) Dr. Agus Wedi M.Pd. Kata Kunci Multimedia Pembelajaran IPA Atmosfer Bumi Kelas VIII Berdasarkananalisiskebutuhan yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tulungagungkelas VIIIpada Mata PelajaranIPAdapatdiketahuihal berikut (a)pembelajaran IPA kelas VIII pokokbahasanstrukturbumidanbencana khususnyamateriatmosferbumi guru masihmenggunakanbukuteksdanpenjelasansecaraumum di dalamkelas (b)kekuranganvariasidalampenggunaan media pembelajarandalamkegiatanbelajarmengajar di dalamkelas khususnyapenggunaan multimedia pembelajaranpadapembelajaran IPA (c) oleh karena itu salah satu cara yang dapat digunakan untuk menutupi kekurangan tersebut melalui penggunaan multimedia pembelajaran interaktif dan(d) tersedianyalaboratoriumkomputer yang dapatdigunakandalampembelajaransiswa. Salah satujenis media pembelajaranberbasiskomputeradalah multimedia pembelajaran di manapembelajarandapatdikendalikansendiriolehsiswamelaluiperangkatkomputer.Berkaitandenganitu diperlukanpengembangan multimedia pembelajaran yang dapatmempermudahsiswadan menutupi kekurangan dalam pembelajaran IPAmengenaimateriatmosfer bumi di SMP Negeri 3 Tulungagung. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmenghasilkan multimedia pembelajaraninteraktif yang layakmelaluiujivalidasisehinggadapatdigunakan padamatapelajaran IPA kelas VIII SMPN 3 TulungagungkabupatenTulungagung dan mengkaji efektifitas pemanfaatn multimedia pembelajaran IPA atmosfer bumi. Multimedia pembelajaran yang dikembangkanmenggunakan model pengembangan Lee danOwens (2004) yang terdiridari (1) analisiskebutuhan (2) analisisAwal-Akhir (3) desain (4) pengembangan (5) implementasi (6) evaluasi. Hasilvalidasiolehahli media memberikanpenilaian85% dengankriteria valid ahlimaterimemberikanpenilaian93 3% dengankriteria valid ujicobasiswaperseoranganmenghasilkanpenilaian 98 3% dengankriteria valid ujicobalapanganmenghasilkanpenilaian90 4% dengankriteria valid dantes hasil belajar siswa setelah menggunakan multimediamenghasilkanpenilaian77 8% siswa yang memenuhi KKM. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia ini layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas VIII khususnya materi atmosfer bumi. Oleh karena itu media inidapatdigunakansiswasebagaialternatifsumberbelajar bagi guru sebagaialternatif media pembelajaran . Pengembang lain diharapkan penelitian ini bermanfaatsebagaimasukandalammelakukanpengembangan multimedia pembelajaranuntukmateri yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/525 |
Actions (login required)
View Item |