Penggunaan media pembelajaran berbasis permainan tradisional engklek untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Dukun Kabupaten Gresik / Hidayatul Afidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media pembelajaran berbasis permainan tradisional engklek untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Dukun Kabupaten Gresik / Hidayatul Afidah

Afidah, Hidayatul (2019) Penggunaan media pembelajaran berbasis permainan tradisional engklek untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Dukun Kabupaten Gresik / Hidayatul Afidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afidah Hidayatul. 2019. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii B Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Dukun Kabupaten Gresik Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nur Wahyu Rochmadi M.Pd M.Si (II) Drs. Ketut Diara Astawa SH M.Si. Kata kunci Media Pembelajaran Permainan Tradisional Engklek Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam kurikulum 2013 mengharuskan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran atau bisa dikatakan pembelajaran berpusat pada siswa ( Student Center Learning) karena dalam kurikulum 2013 guru sebagai fasilitator. Berdasarkan hasil observasi di kelas VII B SMP Negeri 1 Dukun Gresik guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menggunakan metode konvensional yakni ceramah dan tanya jawab. Sehingga siswa kurang motivasi dan minat pada proses pembelajaran siswa bosan dan pasif saat kegiatan pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas VII B dari 24 siswa ada 17 siswa (71%) yang mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) dan 7 siswa (29%) yang mendapat nilai di atas KKM mata pelajaran PPKn yaitu 75. Oleh karena itu perlu dilakukan tindakan untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan media yang menarik dan menyenangkan yakni media pembelajaran permainan tradisional engklek dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk menjelaskan implementasi media pembelajaran berbasis permainan tradisional engklek pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII B SMP Negeri 1 Dukun Gresik dan menjelaskan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis permainan tradisional engklek di kelas VII B SMP Negeri 1 Dukun Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Peneliti sebagai pengamat perencana pelaksana pengumpul data penganalisis data dan melaporkan hasil penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Dukun Gresik. Data yang diambil yakni data mengenai penggunaan media permainan tradisional engklek sumber datanya guru dan siswa teknik pengumpulan data dengan observasi dan data hasil belajar dengan sumber datanya siswa teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan tes. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes catatan lapangan lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam menarik kesimpulan keberhasilan tindakan ada kriteria keberhasilan dikatakan berhasil jika penggunaan media permainan tradisional engklek dalam kategori baik dan hasil belajar siswa yang tuntas KKM minimal 75% atau dari 24 siswa 18 siswa yang tuntas. prosedur penelitian ini yakni (1) observasi awal (2) perencanaan (3) pelaksanaan (4) pengamatan (5) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus karena pada siklus 2 sudah mencapai kriteria keberhasilan sehingga tidak perlu melakukan siklus berikutnya. Hasil penelitian ini yakni (1) penggunaan media pembelajaran permainan engklek sudah dalam kategori baik. Siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran berani bertanya dan menjawab pertanyaan serta tidak ragu dalam mengemukakan pendapat. Siswa mengerti alur permainan sehingga selama pelaksanaan permainan engklek berjalan dengan lancar dan kondusif. Siswa bekerjasama dengan baik dengan saling bertukar pikiran dan pendapat serta saling membantu satu sama lain. Siswa sangat antusias dengan permainan engklek karena siswa bermain sambil belajar sehingga suasana belajar menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan media permainan tradisional engklek kelas VII B meningkat nilai KKM Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yakni 75. Berdasarkan data yang ditemukan pada obsevasi awal pada siklus I dan siklus ke II. Pada observasi awal terdapat 24 siswa yang mengikuti tes dan hanya 7 (29%) siswa yang tuntas. pada siklus I terdapat 23 siswa yang mengikuti tes dan siswa yang tuntas ada 13 (57%). Pada siklus II terdapat 23 siswa yang mengikuti tes dan siswa yang tuntas ada 19 (83%). Dikarenakan persentase ketuntasan belajar siswa sudah mencapai 83% maka tindakan tersebut memenuhi kriteria yakni dengan persentase minimal 75%. Sehingga tidak diperlukan untuk melakukan siklus berikutnya. Saran dari peneliti bagi bagi sekolah yakni sekolah disarankan menggunakan media pembelajaran permainan engklek yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas khususnya mata pelajaran PPKn yang sesuai dengan kurikulum 2013. Media permainan engklek dapat membuat siswa aktif dan tidak bosan saat pembelajaran berlangsung. Bagi guru yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran dapat menggunakan metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Salah satunya dengan menggunakan media permainan engklek yang digabungkan dengan metode dan model pembelajaran yang aktif dan kreatif. Media permainan engklek ini dapat meningkatkan keaktifan dan kerjasama serta meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain dapat menerapkan media pembelajaran permainan engklek pada materi atau sekolah yang lain. peneliti lain diharapkan dapat memberikan variasi baru dalam penelitian selanjutnya misalnya digabungkan dengan penggunaan teknologi agar siswa lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran yang berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52411

Actions (login required)

View Item View Item