Implementasi gerakan literasi nasional di SMPN 15 Malang / Yurika Putri Andini - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi gerakan literasi nasional di SMPN 15 Malang / Yurika Putri Andini

Andini, Yurika Putri (2019) Implementasi gerakan literasi nasional di SMPN 15 Malang / Yurika Putri Andini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andini Yurika Putri 2018. Implementasi Gerakan Literasi Nasional di SMP Negeri 15 Malang. Skripsi. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Siti Awaliyah S.Pd. S.H. M.Hum (2) Rusdianto Umar S.H. M.Hum Kata Kunci Implementasi Gerakan Literasi Nasional Gerakan Literasi Sekolah Pendidikan merupakan salah satu aspek pembangunan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bahsa melalui sumber daya manusianya. Membaca merupakan salah satu kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari dunia pendidikan karena dengan membaca tidak hanya untuk memperoleh informasi tetapi berfungsi sebagai alat komunikasi serta memperluas pengetahuan tentang banyak hal mengenai kehidupan manusia. Akan tetapi saat ini kurangnya minat baca masyarakat indonesia berada pada peringkat 60 dari 61 negara hal tersebut mencerminkan kurangnya minat baca yang ada di Indonesia. maka dari itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kebijakan pada Nomor 23 tahun 2017 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Dalam kebijakan tersebut terdapat Gerakan Literasi Nasional yang bertujuan untuk mengkoordinasikan masyarakat untuk menanamkan budaya membaca sejak dini. SMP 15 Malang merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang beberapa siswanya memiliki minat membaca yang kurang kemudian mengimplementasikan Gerakan Literasi Nasional di sekolahnya. Penelitian yang berjudul Implementasi Gerakan Literasi Nasional di SMP Negeri 15 Malang bertujuan untuk (1) untuk mengetahui bentuk implementasi gerakan literasi nasional di SMPN 15 Malang (2) untuk mengetahui implementasi gerakan literasi nasional di SMPN 15 Malang (3) untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam implementasi gerakan literasi nasional dan (4) untuk mengetahui upaya sekolah untuk mengatasi kendala implementasi gerakan literasi nasional di SMPN 15 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai instrument penelitian. Peneliti memilih lokasi penelitian di SMPN 15 Malang yang berlokasi di Jl. Bukit Tidar Blok T/8 Kota Malang. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu sumber data sekunder dan sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan sumber data sekunder yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu meliputi teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data pengecekan keabsahan data yang digunakan oleh peneliti yaitu perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian ini antara lain (1) bentuk kegiatan implementasi gerakan literasi nasional di SMPN 15 Malang yaitu literasi baca dan tulis (tulisan dinding di area sekolah gerakan literasi sekolah lomba bulan bahasa) literasi numerasi (mata pelajaran matematika) literasi sains (mata pelajaran ilmu pengetahuan alam) dan literasi budaya dan kewargaan (mata pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan mata pelajaran seni budaya dan memperingati hari sumpah pemuda). (2) pelaksanaan gerakan literasi nasional di SMPN 15 Malang terdiri dari beberapa kegiatan yang pertama yaitu literasi baca tulis meliputi gerakan literasi yang dilakukan setiap jumat pagi mulai pukul 06.45 hingga pukul 07.45 dengan durasi satu jam sebelum pelajaran dimulai dengan memberikan waktu beberapa menit untuk siswa membaca kemudian menuliskan didalam buku jurnal dan siswa akan dipilih acak untuk maju dan menceritakan apa yang telah dikerjakan. Literasi numerasi merupakan literasi yang berfokuskan dengan angka grafik dan tabel adapun bentuk pelaksanaannya yaitu melalui kegiatan pelajaran matematika didalam kelas. literasi sains adalah literasi yang berfokuskan dengan ilmu pengetahuan alam dan di laksanakan melalui kegiatan mata pelajaran Ilmu pengetahuan alam di dalam kelas. Dan yang terakhir yaitu literasi budaya dan kewargaan merupakan literasi yang berfokuskan pada budaya dan nasionalis dalam diri literasi tersebut ditanamkan melalui kegiatan mata pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan di dalam kelas mata pelajaran seni budaya dan kegiatan memperingati Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 oktober setiap tahunnya dalam kegiatan tersebut berisikan upacara bendera dan seluruh siswa maupun guru diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat. (3) kendala yang dialami dalam implementasi gerakan literasi yaitu kurangnya minat sumber daya manusia masih kurang lebih 80% kurangnya sarana dan prasarana kurang fokusnya siswa pada saat literasi kurang ketelitian dalam pensortiran buku bacaan. (4) upaya untuk mengatasi kendala yang dialami dalam implementasi gerakan literasi nasional yaitu yang pertama menggunakan program bertahap dengan membiasakan membaca sumber daya manusia lama-lama akan meningkat yang kedua kurangnya sarana dan prasarana yaitu dengan menggunakan program bertahap dengan mendaur ulang fasilitas sekolah yang sudah tidak digunakan lagi dengan memodivikasi agar dapat digunakan yang ketiga kurang fokusnya siswa dalam literasi dengan menggumpulkan seluruh walikelas dan memberikan himbauan saat literasi supaya dalam berliterasi siswa dapat diarahkan. Saran yang diberikan oleh penulis (1) sekolah hendaknya terus berupaya untuk menanamkan budaya literasi melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan sehingga siswa tidak bosan (2) sekolah lebih mengoptimalkan fasilitas sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan literasi di lingkungan sekolah (3) jika memungkinkan sekolah hendaknya menerapkan kegiatan gerakan literasi satu minggu lebih dari satu kali sehingga hasilnya lebih optmal (4) tim literasi hendaknya lebih teliti pada saat pensortiran buku sehingga tidak terjadi keteledoran lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52371

Actions (login required)

View Item View Item