Peran unit kegiatan mahasiswa Alquran Study Club (ASC) dalam mengimplementasikan pendidikan moral di Universitas Negeri Malang / Annisa Ni'matun Nada - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran unit kegiatan mahasiswa Alquran Study Club (ASC) dalam mengimplementasikan pendidikan moral di Universitas Negeri Malang / Annisa Ni'matun Nada

Nada, Annisa Ni'matun (2018) Peran unit kegiatan mahasiswa Alquran Study Club (ASC) dalam mengimplementasikan pendidikan moral di Universitas Negeri Malang / Annisa Ni'matun Nada. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nada Annisa Ni matun. 2018. Peran Unit Kegiatan Mahasiswa Alquran Study Club (ASC) dalam Mengimplemetasikan Pendidikan Moral di Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Didik Sukriono S.H M.Hum. (II) Dr. Siti Awaliyah S.Pd M.Hum. Kata Kunci Peran UKM ASC UM Implemetasi Pendidikan Moral Keberadaan pendidikan moral sangat penting karena sebagai pedoman untuk berperilaku (baik buruk) sesuai dengan aturan lingkungan sekitar. Pendidikan moral perlu diimplementasikan di setiap jenjang pendidikan khususnya perguruan tinggi. Universitas Negeri Malang adalah salah satu perguruan tinggi yang mengimplementasikan pendidikan moral melalui organisasi mahasiswa. Unit Kegiatan Mahasiswa Alquran Study Club (ASC) adalah organisasi mahasiswa yang dapat mengembangkan kemampuan softskill yang tidak mampu dikembangkan di dalam kelas. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan peran UKM ASC UM dalam mengimplementasikan pendidikan moral di UM (2) mendeskripsikan kendala yang dihadapi UKM-ASC UM dan (3) mendeskripsikan solusi dalam mengatasi kendala yang dihadapi UKM-ASC UM dalam mengimplementasikan pendidikan moral di UM. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti (instrumen utama) serta pedoman wawancara dan dokumentasi (instrumen pendukung). Sumber data penelitian ini adalah informan (data primer) dan dokumen (data sekunder). Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Miles and Huberman yaitu reduksi data penyajian data dan conclution (menarik kesimpulan). Pengecekan keabsahan temuan melalui peningkatan ketekunan dan triangulasi sumber data waktu dan teknik. Berdasarkan analisis data diperoleh empat hasil penelitian yakni pertama UKM ASC UM mendukung pelaksanaan pendidikan moral di UM melalui program (kegiatan) di antaranya yaitu (a) program kerja pembinaan terdiri atas bidang Sauti (Tahsin Quran Tartil Quran Tilawatil Quran dan Tahfid Quran) bidang Kitabi (Karya Tulis Ilmiah Alquran Kaligrafi Desain Aplikasi Alquran) dan Bidang Campuran (Syarhil dan Fahmul Quran) (b) program Tafaqquh Fiddinil Islam (TDI) yang berisi kuliah umum Bimbingan Baca Alquran (BBQ) (c) event perlombaan (Musabaqoh Tilawatil Quran) (d)Tahsinul Qiroah Cerdas Cendekia (TAQI-2C) (e) santunan anak yatim bersama BAZIS UM (Badan Amal Zakat Infaq dan Sodaqoh). Dari kegiatan tersebut melatih mahasiswa mengembangkan nilai moral religius moral sosial dan moral individu. Kedua kendala yang dihadapi UKM ASC UM dalam mengimplementasikan pendidikan moral di UM adalah kendala internal dan eksternal. Kendala internal meliputi menurunnya kualitas (kemampuan) pengurus baru kendala dalam program kerja pembinaan yaitu (a) pelaksanaan beberapa pembinaan tidak tepat waktu (b) serta ketidak-konsitenan para peserta pembinaan karena jadwal pembinaan berbenturan dengan kegiatan yang lain (c) kurangnya pembina atau tim ahli (d) tempat ii pembinaan kurang kondusif (e) kendala teknis di lapangan. Kendala eksternal meliputi kurangnya pendanaan birokrasi yang lamban dalam perijinan tempat. Ketiga solusi dalam mengatasi kendala yang dihadapi UKM-ASC UM dalam mengimplementasikan pendidikan moral di UM adalah mengadakan upgrading pengurus meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar pengurus dan anggota pembinaan mentolerir keterlambatan dengan cara ijin terlebih dahulu melakukan open recruitment atau mendatangkan mentor yang ahli dibidang yang dibutuhkan memanfaatkan tempat dan pembinaan dilakukan di tempat yang terbuka melakukan evaluasi kegiatan di awal tengah dan akhir kegiatan. Solusi kendala eksternal berupa pendanaan lain melalui wirausaha buku (menaikkan harga buku BBQ) dan melakukan audiensi dengan pimpinan. Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan dikemukakan saran. Pertama bagi peneliti lain penelitian ini belum komprehensif karena hanya membahas mengenai peran UKM ASC dalam mengimplementasikan pendidikan moral di Universitas Negeri Malang untuk kebutuhan penelitian berikutnya dapat meneliti yang terfokus dalam hal keberhasilan UKM ASC dalam meraih prestasi Musabaqoh Tilawatil Quran. Kedua bagi UKM ASC UM penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam meningkatkan sumber daya manusia dalam sebuah organisasi. Ketiga bagi organisasi mahasiswa lain penelitian ini dapat menjadikan rujukan untuk meningkatkan kinerja organisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52351

Actions (login required)

View Item View Item