Ardiansyah, Feri Choris (2018) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Oleh Sukarelawan Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) Di Rumah Belajar Muharto Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang / Feri Choris Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Ardiansyah Feri Choris. 2018. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Oleh Sukarelawan Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) Di Rumah Belajar Muharto Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Skripsi. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ketut Diara Astawa SH. M.Si (II) Dr. A. Rosyid Al Atok MPd. MH. Kata Kunci Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Rumah Belajar Muharto Sukarelawan JKJT Rumah belajar Muharto adalah sebuah pendidikan non formal berupa komunitas belajar yang dibentuk oleh Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) Kota Malang dimana para sukarelawan berperan sebagai tenaga pengajar. Tujuan dibentuknya rumah belajar Muharto adalah untuk dapat mengentas kemiskinan moral yang ada di Muharto melalui pendidikan. Sedangkan tujuan lainnya adalah untuk mewadahi minat para mahasiswa khususnya yang tergerak untuk mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk menjadi sukarelawan tanpa mendapatkan upah. Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Rancangan program Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) Kota Malang dalam memberikan pendidikan karakter anak usia dini di rumah belajar Muharto (2) Pelaksanaan pendidikan karakter yang dilakukan oleh sukarelawan (JKJT) terhadap anak usia dini rumah belajar Muharto (3) Kendala yang dihadapi oleh sukarelawan (JKJT) dalam memberikan pendidikan karakter anak usia dini di rumah belajar Muharto (4) Cara mengatasi kendala yang dihadapi oleh sukarelawan (JKJT) dalam memberikan pendidikan karakter anak usia dini di rumah belajar Muharto. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Sementara dalam tahap analisis data peneliti menggunakan model interaktif Miles dan Hubberman. Untuk menjamin keabsahan data peneliti melakukan pengecekan data dengan cara perpanjangan pengamatan peningkatan ketekunan dan triangulasi. Adapun hasil penelitian ini dijabarkan sebagai berikut. Pertama program pendidikan karakter anak usia dini rumah belajar Muharto disusun oleh ketua umum dengan dibantu pengurus JKJT yang lain beserta para sukarelawan. Program tersebut dirancang untuk membentuk pola pikir anak dengan cara membiasakan anak untuk berperilaku baik serta dengan memberikan pemahaman untuk mampu memiliki sikap religius jujur sopan santun disiplin mandiri tolong menolong cinta lingkungan dan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. Kedua pelaksanaan pendidikan karakter di rumah belajar Muharto dilakukan melalui pembiasaan berupa kegiatan aktif yang di dalamnya mengandung beragam pendidikan karakter seperti mengerjakan anak supaya menjadi religius memiliki sikap jujur disiplin gemar membaca buku menghormati orang tua cinta lingkungan menghargai prestasi toleransi kreatif mandiri komunikatif ii dan supaya anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Selain itu rumah belajar Muharto juga memberlakukan peraturan dengan sanksi edukatif. Ketiga beberapa kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter di rumah belajar Muharto adalah kurangnya jumlah dan disiplin kehadiran para sukarelawan kurangnya bimbingan dari para orang tua terhadap anaknya terkait pendidikan karakter anak usia dini serta sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pembelajaran masih kurang memadai. Keempat cara yang dilakukan dalam mengatasi kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter anak usia dini di rumah belajar Muharto adalah dengan giat mensosialisasikan kegiatan ke dalam jejaring sosial agar dapat diketahui masyarakat luas serta diharapkan mampu menarik minat calon sukarelawan dan memberikan penguatan kepada anak binaan supaya mampu memilah beberapa contoh perilaku yang patut untuk ditiru dan mana perilaku yang layak untuk tidak ditiru serta renovasi tenda belajar dan penyediaan fasilitas lain sebagai penunjang proses pembelajaran. Saran yang diberikan peneliti setelah melakukan penelitian ini antara lain lebih giat lagi dalam usaha menarik minat para calon sukarelawan dan kedisiplinan para sukarelawan lebih ditingkatkan lagi metode serta model pembelajaran lebih disesuaikan lagi dengan usia maupun kecakapan anak gencar melakukan diskusi maupun penyuluhan kepada masyarakat sekitar rumah belajar Muharto terutama para orang tua anak binaan terkait pendidikan karakter supaya minat belajar anak tinggi dan hasil belajar mereka maksimal seyogyanya fasilitas belajar mereka juga dilengkapi hal tersebut juga untuk mempermudah para sukarelawan dalam memberikan pendidikan karakter anak usia dini di rumah belajar Muharto.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/52311 |
Actions (login required)
View Item |