Pendidikan anti radikalisme bagi santri di Pondok Pesatren Miftahul Huda Kota Malang / Prasetio Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan anti radikalisme bagi santri di Pondok Pesatren Miftahul Huda Kota Malang / Prasetio Utomo

Utomo, Prasetio (2017) Pendidikan anti radikalisme bagi santri di Pondok Pesatren Miftahul Huda Kota Malang / Prasetio Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utomo Prasetio. 2017. Pendidikan Anti Radikalisme bagi Santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. A. Rosyid Al Atok M.Pd. MH. (II) Drs. Suparlan Al Hakim M Si. Kata Kunci Pendidikan Anti Radikalisme Santri Pondok Pesantren Miftahul Huda Kemunculan berbagai gerakan radikalisme tidak dapat dilepaskan dari unsur keagamaan. Sebagai lembaga pendidikan keagamaan pondok pesantren seringkali dikaitkan dengan aktivitas indoktrinasi paham radikal. Padahal tidak menutup kemungkinan jika banyak pondok pesantren di Indonesia justru menanamkan nilai-nilai yang moderat dan toleran kepada santri-santrinya sebagai contoh adalah Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang. Berawal dari hal tersebut maka diperlukan penelitian mengenai pendidikan anti radikalisme bagi santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal mencakup bentuk-bentuk pendidikan anti radikalisme bagi santri nilai-nilai pendidikan anti radikalisme bagi santri manfaat pendidikan anti radikalisme bagi santri faktor pendukung dan penghambat pendidikan anti radikalisme berikut solusinya bagi santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa penjelasan-penjelasan mengenai berbagai kegiatan yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data ditemukan melalui kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis dimulai dari grand dan mini tour kemudian dilanjutkan dengan menetapkan domain tertentu sebagai pijakan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh enam simpulan sebagai berikut. Pertama bentuk pendidikan anti radikalisme bagi santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang yaitu pengajian kitab pengajian non kitab dan kegiatan non pengajian.Kedua nilai-nilai dalam pendidikan anti radikalisme bagi santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang yaitunilai keagamaan budi pekerti nasionalisme musyawarah kepedulian sosial dan toleransi.Ketiga manfaat dalam pendidikan anti radikalisme bagi santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang yaitu meningkatkan pemahaman keagamaan memperbaiki budi pekerti memperdalam nasionalisme membiasakan musyawarah dan meningkatkan kepedulian sosial. Keempat faktor pendukung pendidikan anti radikalisme bagi santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang yaitu sarana dan prasarana situasi dan kondisi motivasi santri dan penjelasan kiai. Kelima faktor penghambat pendidikan anti radikalisme bagi santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang yaitu motivasi santri dan kondisi fisik santri. Keenam solusi mengatasi hambatan pendidikan anti radikalisme bagi santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang yaitu kiaimemberikanpenekanan nasihatkepadasantri dan efisiensi persiapan acaraolehpanitiakegiatan. ABSTRACT Utomo Prasetio. 2017. Anti Radicalism Education for Students of Islamic Boarding School in Malang City Thesis Department of Law and Civics Faculty of Social Sciences State University of Malang Supervisor (I) Dr. A. Rosyid Al Atok M.Pd. MH. (II) Drs. Suparlan Al Hakim M Si. Keywords Anti Radicalism Education Student Miftahul Huda Islamic BoardingSchool The emergence of various movements of radicalism can not be separated from religious elements. As a religious educational institution pesantren is often associated with radical understanding of indoctrination activities. In fact it is possible if many boarding schools in Indonesia actually instill moderate and tolerant values to their students for example is Miftahul Huda Islamic Boarding School Malang City. Starting from that it is necessary research on anti radicalism education for students ofMiftahul Huda Islamic Boarding School. This research was conducted with the aim to describe several things include the forms of anti radicalism education for students the values of anti radicalism education for students the benefits of anti radicalism education for students the supporting factors and obstacles of anti radicalism education and the solution for the students of Miftahul Huda Islamic boarding school Malang City. This research uses descriptive qualitative research design. Research data in the form of explanations about various activities held at Miftahul Huda Islamic Boarding School Malang City. The data were collected using observation interview and documentation techniques. The validity of the data is found through data triangulation activities. Activity analysis starts from grand and mini tour then proceed by setting certain domain as a foothold. Based on the results of data analysis conducted obtained six conclusions as follows. First the form of anti-radicalism education for students of Miftahul Huda Islamic Boarding School Malang City namely study of religion book study of non religion book and non-studying activities. Second the values in the education of anti radicalism for students of Miftahul Huda Islamic Boarding School in Malang City are the value of religion character nationalism deliberation social awareness and tolerance. Third the benefits of anti radicalism education for students of Miftahul Huda Islamic Boarding School Malang City is to increase religious understanding improve character deepen nationalism socialize discussion and increase social awareness. Fourth the supporting factor of anti radicalism education for students of Miftahul Huda Islamic Boarding School in Malang City are facility and infrastructure situation and condition motivation of students and explanation of teacher. Fifth the inhibiting factor of anti radicalism education for students of Miftahul Huda Islamic Boarding School in Malang City is the motivation of studentsand physical condition of students. Sixth the solution to overcome the obstacles of anti radicalism education for studentsof Miftahul Huda Islamic Boarding school in Malang City are emphasized teacher advice to students and efficiency of event preparation by the event organizer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52208

Actions (login required)

View Item View Item