Perilaku belajar PPKn dengan menggunakan gadget siswa SMA Negeri 6 Malang / Mayrina Ratu Dwijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku belajar PPKn dengan menggunakan gadget siswa SMA Negeri 6 Malang / Mayrina Ratu Dwijayanti

Dwijayanti, Mayrina Ratu (2017) Perilaku belajar PPKn dengan menggunakan gadget siswa SMA Negeri 6 Malang / Mayrina Ratu Dwijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwijayanti Mayrina Ratu. 2017. Perilaku Belajar PPKn Dengan Menggunakan Gadget Siswa SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Hukum Dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nur Wahyu Rochmadi M.Pd M.Si. Pembimbing (II) Siti Awaliyah S.Pd SH M.Hum. Kata Kunci Perilaku belajar PPKn penggunaan gadget gadget hasil belajar. Perkembangan gadget yang semakin canggih ini pengaruhnya dalam dunia pendidikan dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar siswa dan dapat dimanfaatkan dengan adanya website e- learning. Dengan pekembangan yang terjadi hampir semua Sekolah Menengah Atas memperbolehkan siswa-siswi mereka menggunakan gadget di lingkungan sekolah tidak terkecuali di kelas. Hal ini dapat bepengaruh terhadap perilaku belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Selain itu dalam gadget juga berkaitan dengan adanya jejaring sosial. Dimana bisa dimanfaatkan oleh siswa untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Siswa juga mendapatkan banyak informasi dalam menunjang proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perilaku belajar dengan menggunakan gadget oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran PPKn di SMA Negeri 6 Malang (2) dampak perilaku belajar siswa dengan menggunakan gadget dalam kegiatan pembelajaran terhadap hasil belajar PPKn di SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan melihat secara langsung proses pembelajaran dengan menggunakan gadget wawancara yang dilakukan terhadap Ibu Natalia Aristina Dewi S.Pd selaku guru mata pelajaran PPKn dan siswa-siswi SMA Negeri 6 Malang dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yang meliputi data reduction (reduksi data) data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification (kesimpulan/verivikasi data). Hasil penelitian menunjukkan perilaku belajar dengan menggunakan gadget oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran PPKn di SMA Negeri 6 Malang dapat diketahui dari 2 hal 1) Perumusan RPP dan 2) Pelaksanaan pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran atau RRP proses pembelajaran PPKn menggunakan gadget dan internet sebagai alat pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran siswa menggunakan gadget untuk menunjang proses pembelajaran. Sedangkan dampak perilaku belajar siswa dengan menggunakan gadget dalam kegiatan pembelajaran terhadap hasil belajar PPKn di SMA Negeri 6 Malang dapat diketahui dari 3 hal antara lain 1) suasana kelas 2) partisipasi belajar siswa dan 3) hasil belajar siswa. Bentuk perilaku siswa belajar dengan menggunakan gadget yaitu saat pembelajaran PPKn berlangsung lebih banyak siswa yang mencari sumber referensi melalui gadget dibandingkan mencari di buku menurut siswa belajar dengan menggunakan gadget menyenangkan dan tidak membosankan namun ada beberapa siswa yang lebih memilih mencari materi pelajaran di buku kemudian ditambah dengan mencari melalui gadget. Selain itu suasana kelas saat pembelajaran PPKn dengan menggunakan gadget masih kondusif hal ini dikarenakan guru memberikan batasan waktu kepada siswa untuk mencari sumber belajar atau materi melalui gadget siswa sehingga dengan adanya batasan waktu siswa akan memanfaatkan waktu untuk mencari materi pelajaran. Partisipasi belajar siswa dengan menggunakan gadget di kelas cukup tinggi jumlah siswa yang selalu menggunakan gadget untuk mencari materi lebih banyak dari yang jarang menggunakan gadget untuk mencari materi pelajaran untuk hasil belajar siswa hasil belajar siswa dengan menggunakan gadget cenderung baik dan dapat menunjang hasil belajar siswa. Saran yang diberikan adalah untuk siswa hendaknya siswa lebih bisa memanfaat teknologi dengan baik salah satunya gadget hendaknya siswa bisa menggunakan gadget secara maksimal untuk proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa bisa meningkat. Bagi guru hendaknya guru lebih bervariasi dalam memberikan pelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Bagi sekolah hendaknya sekolah bisa memberikan kebijakan yang sesuai dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya bisa menambah pengetahuan sehingga penelitian yang akan datang menjadi lebih baik. ABSTRACT Dwijayanti Mayrina Ratu. 2017. Learning Behavior of Studying Civic Education Using Gadget By Students of SMA Negeri 6 Malang. Thesis Department of Law and Citizenship Faculty of Social Sciences State University of Malang. Advisor (I) Dr. Nur Wahyu Rochmadi M.Pd M.Si. Counselor (II) Siti Awaliyah S. Pd SH M. Hum. Keywords PPKn learning behavior the use of gadget gadget the score. Nowadays The effect of gadget development can be gained as the source of student learning and the existence of e-learning website. Along with the development almost of senior high schools allow their students to use gadget in school environment even in the class. This thing affects on student learning behavior while in the process of studyinng. Otherwise gadget cannot be separated with social media where it can help students to communicate with the others and get information to support the learning process. This reasearch is proposed to know about (1) PPKn learning behavior on students while using gadget at SMA Negeri 6 Malang (2) the effect of using gadget in PPKn learning process to the result/score at SMA Negeri 6 Malang. This research use descriptively qualitative method. The data collecting procedure has been done by the researcher with observing to the direct learning process interviewing to Mrs. Natalia Aristina Dewi S.Pd as PPKn teacher and through the documentation. The data analysis process use a method by Miles and Huberman with data reduction data display and conclusion drawing. The research result of SMA Negeri 6 Malang students behavior in learning PPKn can be verified into two (1) designing RPP and (2) learning process. In designing RPP or the PPKn learning process that use gadget and internet is aimed to support the learning process. Whereas the effect of gadget to students behavior in learning PPKn can be seen in (1) class situation (2) students learning participation (3) and students score. The students behavior in learning PPKn while using gadget is most of student tend to use gadget than book to find references to support their study because students said that using gadget to find references is more fun and not boring but there are some students that still use book to find references than gadget. Otherwise the class situation while the students use gadget in learning process is still conducive remaining that the teacher give time limitation in their process of finding references using gadget so they can use that limit time to find references to support their learning maximumly. The students participation that use gadget as learning tool is high enough because it can be seen by most of students in class use gadget to support their learning references. For the score students who use gadget to support their learning gain better score so it is increasing the result of student learning score. Suggestion that can be given to the students is students must be wise in using technology for example using gadget. Students need to realize that they must use gadget wisely and maximumly to support their learning process so they can increase their score. For teacher they need to think of more variation in learning process using technology. For the school they need to give policy that is appropriate to increase the result of learning process. Whereas the researcher need more knowledge for better future experimentation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52187

Actions (login required)

View Item View Item