Saputra, Galuh Januar Hadi (2016) Hubungan antara fasilitas belajar dan kecakapan sisial belajar dengan hasil belajar PPKn siswa SNMK Yadika Bangil / Galuh Januar Hadi Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Saputra Galuh Januar Hadi 2016. Hubungan fasilitas belajar Dan Kecakapan Sosial Pesrta Didik Dengan Hasil Belajar PPKn Siswa SMK Yadika Bangil. Pembimbing (I) Dra. Arbaiyah Prantiasih M.Si (II) Rusdianto Umar S.H M.Hum Kata Kunci fasilitas belajar kecakapan sosial dan hasil belajar. Pendidikan pada hakikatnya merupakan interaksi komponen-komponen yang esensial dalam upaya mencapai tujuan pendidikan. Perpaduan antara keharmonisan dan keseimbangan serta interaksi unsur esensial pendidikan pada tahap operasional sangat menentukan keberhasilan pendidikan. Pendidikan diselenggarakan bertujuan untuk membentuk peserta didik yang memiliki kesiapan dan untuk memecahkan masalah yang dihadapai dalam kehidupan. Rumusan masalah ada 2 yaitu (1) Adakah hubungan antara faslitas belajar dengan hasil belajar PPKn kelas X di SMK Yadika Bangil (2) Adakah hubungan antara kecakapan sosial dengan hasil pembelajaran PPKn kelas X di SMK Yadika Bangil Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar peserta didik dengan hasil belajar peserta didik (2) Hubungan signifikan antara kecakapan sosial peserta didik dengan hasil belajar peserta didik. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Deskriptif kuantitatif adalah penelitian yang menggambarkan keadaan atau status fenomena yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk angka-angka. Data penelitian ini berupa angka-angka skala Likert yang dilakukan di SMK Yadika Bangil. Pegumpulan data dilakukan menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini diambil dari siswa-siswi kelas X AK kelas X KPR dan kelas X TKJ yang berjumlah 120 peserta didik dan diambil sampel sebanyak 93 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar dengan signifikansi sebesar 0 000 0 05 dan juga terdapat hubungan kecakapan sosial terhadap hasil belajar dengan signifikasi sebesar 0 000 0 05. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar peserta didik. (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kecakapan sosial dengan hasil belajar peserta didik. Hubungan tersebut dapat dilihat dari persentase hasil belajar peserta didik sebanyak 63.44% responden mendapatkan kategori tuntas dan sebanyak 36.55% responden mendapatkan kategori belum tuntas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/52094 |
Actions (login required)
View Item |