Model pembudayaan nilai karakter jujur, disiplin dan tanggung jawab di Sekolah dasar Negeri Kalipang 1 Kecamatan Sutojayan Blitar / A'toillah Sholahuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembudayaan nilai karakter jujur, disiplin dan tanggung jawab di Sekolah dasar Negeri Kalipang 1 Kecamatan Sutojayan Blitar / A'toillah Sholahuddin

Sholahuddin, A'toillah (2016) Model pembudayaan nilai karakter jujur, disiplin dan tanggung jawab di Sekolah dasar Negeri Kalipang 1 Kecamatan Sutojayan Blitar / A'toillah Sholahuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sholahuddin A toillah 2016. Model Pembudayaan Nilai Karakter Jujur Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Sekolah Dasar Negeri Kalipag 1 Kecamatan Sutojayan Blitar. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Didik Sukriono S.H. M.Hum (II) Rusdianto Umar S.H. M.Hum. Kata Kunci Model Pembudayaan Nilai Karakter Sekolah Dasar Pembudayaan nilai karater merupakan suatu proses pembiasaan yang dilakukan seseorang berupa sikap perilaku maupun pikiran yang agama pancasila budaya dan tujuan pendidikan nasional. Agar penerapan pembudayaan nilai karakter tersebut mendapatkan hasil yang optimal maka diperlukan suatu model dalam penerapannya. Sekolah Dasar Negeri Kalipang 1 Blitar merupakan salah satu sekolah terbaik di kabupaten blitar yang mengupayakan pembudayaan nilai karakter jujur disiplin dan tanggung jawab kepada siswanya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi guru Sekolah Dasar Negeri Kalipang 1 Kecamatan Sutojayan Blitar mengenai model pembudayaan nilai karakter jujur disiplin dan tanggung jawab faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan model pembudayaan nilai karakter jujur disiplin dan tanggung jawab di Sekolah Dasar Negeri Kalipang 1 Kecamatan Sutojayan Blitar upaya yang di lakukan Sekolah Dasar Negeri Kalipang 1 Kecamatan Sutojayan Blitar untuk mengatasi faktor penghambat dari dalam maupun luar sekolah dalam pembudayaan nilai karakter jujur disiplin dan tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi.Langkah-langkah analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan kemudian melakukan kesimpulan. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh empat kesimpulan sebagai berikut. Pertama persepsi guru di Sekolah Dasar Negeri Kalipang 1 Kecamatan Sutojayan Blitar sepakat bahwasannya pembudayaan nilai karakter jujur disiplin dan tanggung jawab merupakan salah satu pendidikan karakter yang dilakukan guru kepada peserta didiknya agar dapat membentuk karakter watak dan kepribadian peserta didik yang sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Kedua Model yang digunakan dalam pembudayaa nilai karakter jujur disiplin dan tanggung jawab di Sekolah Dasar Negeri Kalipang 1 Kecamatan Sutojayan Blitar yaitu a) model monolotik yaitu menanamkan pendidikan nilai karakter melalui mata pelajaran tersendiri b)model terintegrasi dalam semua bidang studi dan c) model diluar pengajaran. Secara khusus model monolotik diterapkan dalam bentuk a) memahami kitab suci b) mengenal diri sendiri dan c) sholat dhuha dan dzuhur berjama ah. Sedangkan model terintegrasi dalam semua bidang studi diterapkan dalam bentuk a) seluruh guru dan pelatih setiap bidang bertanggung jawab dalam pembudayaan nilai karakter jujur disilin dan tanggung jawab b) membiasakan siswa memulai dan mengakhiri pelajaran dengan tepat waktu dan c) berdo a sebelum dan sesudah kegiatan pelajaran. Untuk model diluar pengajaran diterapkan dalam bentuk mengenal diri sendiri. Ketiga Faktor pendukung dari dalam sekolah yaitu a) sumber daya manusia b) sarana dan prasaran c) kegiatan ekstra dan d) kegiatan keagamaan. Faktor pendukung dari luar sekolah yaitu a) lingkungan keluarga b) lingkungan masyarakat dan c) teman bermain. Faktor penghambat dari dalam sekolah yaitu a) faktor biaya b) faktor sarana dan prasarana c) faktor keterbatasan waktu pengawasan. Faktor penghambat dari luar sekolah yaitu a) keluarga siswa yang kurang peduli b) masyarakat yang kurang peduli dan c) teman bermain siswa yang memberi pengaruh negatif Keempat upaya yang dilakukan Sekolah Dasar Negeri Kalipang 1 Kecamatan Sutojayan Blitar yaitu membuat proposal kepada dinas terkait dan pihak-pihak lain yang bisa membantu untuk mengatasi kurangnya biaya melakukan bekerjasama dengan dinas lembaga dan pihak-pihak yang terkait lainnya yang bisa membantu dalam pengadaan sarana dan prasarana menjalin komunikasi dan koordinasi dengan orang tua murid dalam untuk mengawasi dan mengontrol perilaku anaknya di rumah diadakannya sosialisasi koordinasi dan tindak lanjut dengan orang tua siswa agar ikut mendukung dan membantu upaya pembudayaan nilai karakter yang sudah dilakukan memberi pengertian kepada masyarakat terkait pentingnya pembudayaan nilai karakter pihak sekolah juga mengajak masyarakat untuk ikut membantu mengawasi siswa saat berada di lingkungan masyarakat memberi pengarahan dan pengawasan kepada siswa untuk bisa menyaring dan memilah hal-hal yang baik dan buruk ketika bersama dengan teman bermain siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52090

Actions (login required)

View Item View Item