Persepsi masyarakat terhadap kinerja pegawai kelurahan dalam memberikan pelayanan publik di Kantor Kelurahan Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Yuwandari Restu - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi masyarakat terhadap kinerja pegawai kelurahan dalam memberikan pelayanan publik di Kantor Kelurahan Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Yuwandari Restu

Restu, Yuwandari (2016) Persepsi masyarakat terhadap kinerja pegawai kelurahan dalam memberikan pelayanan publik di Kantor Kelurahan Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Yuwandari Restu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Restu Yuwandari. 2016. Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Pegawai Kelurahan Dalam Memberikan Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewaganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Suparman Adi Winoto S.H M.Hum Pembimbing (II) Dr. Nuruddin Hady S.H M.H Kata Kunci Persepsi Masyarakat Pegawai Kelurahan Pelayanan Publik Seiring diberlakukanya UU No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik dan UU No. 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik yang telah memberikan jaminan kepada seluruh warga Negara untuk mendapatkan pelayanan yang baik. Pelayanan publik yang baik diukur dari pencapaian kepuasan yang dirasakan oleh semua pihak baik yang dilayani maupun yang melayani. Pelayanan kelurahan tergolong dalam jenis pelayanan publik karena adanya kepentingan umum dalam masyarakat yang dilayani oleh kelurahan. Dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah pasal 127 ayat 1 bahwa kelurahan dibentuk dalam wilayah kecamatan dengan Peraturan Daerah berpedoman pada Peraturan Pemerintah. Kemudian dalam ayat 2 dijelaskan bahwa kelurahan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dipimpin oleh lurah yang dalam pelaksanaan tugasnya memperoleh pelimpahan dari Bupati/Walikota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kinerja pegawai kelurahan dalam memberikan pelayanan publik di Kantor Kelurahan Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Dalam hal ini peneliti sebagai instrumen utama. Sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah Kepala kelurahan Sekertaris kelurahan dan kriteria responden masyarakat dilihat dari tingkat pendidikan yaitu Guru dilihat dari ketokohanya yaitu mudin dan ketua karang taruna dilihat dari orang yang paling mengerti mengenai pelayanan di kelurahan yaitu bapak Jamal selaku orang yang pernah bekerja di kelurahan dan warga yang mengurus kepentingan di kelurahan. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa secara umum kinerja pegawai kelurahan dalam memberikan pelayanan publik di kantor kelurahan sudah baik dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu 1) Aspek ketersediaan pelayanan sudah tersedia dengan baik 2) Aspek keterjangkauan pelayanan sudah terjangkau dengan baik 3) Aspek kualitas pelayanan sudah cukup berkualitas 4) Aspek kesetaraan sudah baik bersikap adil dan tidak membedakan golongan 5) Aspek kepastian pelayanan cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka peneliti menyarankan 1) Dilihat dari kinerja pegawai kelurahan dalam memberikan pelayanan publik dilihat dari aspek ketersediaan pelayanan sudah tersedia dengan baik dan alangkah baiknya lebih ditingkatkan lagi. 2) Dilihat dari kinerja pegawai kelurahan dalam memberikan pelayanan publik dilihat dari aspek keterjangkauan pelayanan sudah terjangkau dengan baik. dan diharapkan dapat ditingkatkan lebih baik lagi. 3) Dilihat dari kinerja pegawai kelurahan dalam memberikan pelayanan publik dilihat dari aspek kualitas sudah cukup baik. Dalam hal ini perlu ditingkatkan lebih baik seperti menginformasikan secara langsung kepada masyarakat terkait dengan nama jabatan kewenangan dan tanggungjawabnya. 4) Dilihat dari kinerja pegawai kelurahan dalam memberikan pelayanan publik dilihat dari aspek kesetaraan pelayanan sudah baik dan diharapkan dapat ditingkatkan lebih baik terkait dengan memberikan pelayanan yang adil. 5) Dilihat dari kenerja pegawai kelurahan dalam memberikan pelayanan publik dilihat dari aspek kepastian pelayanan sudah cukup baik. dan diharapkan ditingkatkan lebih baik lagi terkait ketepatan pelaksanaan jadwal pelayanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52067

Actions (login required)

View Item View Item