Kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran PPKn kelas VIII di SMP Negeri 20 Malang / Ni Putu Ayu Gita Yunitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran PPKn kelas VIII di SMP Negeri 20 Malang / Ni Putu Ayu Gita Yunitasari

Yunitasari, Ni Putu Ayu Gita (2016) Kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran PPKn kelas VIII di SMP Negeri 20 Malang / Ni Putu Ayu Gita Yunitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yunitasari Ni Putu Ayu Gita. 2016. Kreativitas Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 20 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. I Ketut Diara Astawa S.H M.Si (II) Drs. H Suparman Adi Winoto S. H M. Hum Kata Kunci Kreativitas Guru Pembelajaran PPKn Kreativitas merupakan kemampuan untuk mencipta dan mengembangkan daya kreatif yang ada pada diri seseorang untuk merubah unsur unsur yang ada menjadi lebih kreatif dan memiliki inovasi yang menarik. Kreativitas guru dimunculkan untuk menarik peserta didik ikut aktif dalam pembelajaran PPKn tidak hanya guru saja yang aktif dalam pembelajaran namun peserta didik juga dituntut aktif dalam pembelajaran. Cara guru yang menggunakan penekanannya lebih hafalan diberikan oleh guru sudah jarang digunakan lagi dalam pembelajaran apalagi sekolah sekarang menggunakan kurikulum 2013 yang lebih menonjolkan untuk peserta didik lebih aktif dalam pelajaran baik itu aktif dalam bertanya maupun aktif dalam mencari segala informasi yang ada melalui internet dan membuat peserta didik untuk lebih kritis dalam berpikir sehingga menjadi tantangan bagi guru untuk menciptakan kreativitasnya dalam mengajar . Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan tentang wujud kreativitas yang diperlihatkan guru pada saat proses pembelajaran PPKn pada siswa di SMP 20 Malang (2) Menguraikan tentang faktor - faktor yang mendukung / mendorong guru berkreativitas dalam proses pembelajaran PPKn pada siswa di SMP 20 Malang (3) Menguraikan tentang faktor yang menghambat guru berkreativitas dalam proses pembelajaran PPKn pada siswa di SMP 20 Malang (4) mendeskripsikan tentang usaha - usaha yang dilakukan guru PPKn mengatasi faktor penghambat dalam proses pembelajaran PPKn di SMP 20 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan memaparkan data dari hasil penelitian lapangan. Penelitian ini disebut sebagai jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah SMP Negeri 20 Malang. Sumber data dari penelitian ini digolongkan sebagai sumber data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi (rekaman foto dan dokumen). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data yang dilakukan secara interaktif yang dikemukan oleh Miles and Huberman. Pengecekan keabsahan penemuan peneliti menggunakan teknik (1) Perpanjangan keikutsertaan (2) Ketekunan / keajegan pengamatan (3) Triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 20 Malang maka diperoleh sebagai berikut (1) Wujud kreativitas yang diterapkan guru dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode metode yang menarik seperti metode diskusi metode pemberian tugas metode sosiodrama dan metode demonstrasi diselingi bercerita dan cara guru menampilkan kreativitas dalam pembelajaran PPKn yaitu dengan menggunakan berbagai media pembelajaran dan memanfaatkan teknologi dengan menggunakan laptop dan LCD untuk menampilkan tayangan video gambar dan Power Point (2) Faktor pendukung / pendorong guru dalam pembelajaran PPKn yaitu tersedianya LCD internet buku penunjang / buku paket PPKn dan media pembelajaran dan cara guru memanfaatkan faktor pendukung dalam pembelajaran PPKn yaitu dengan memanfaatkan pembelajaran KBM (kegiatan belajar mengajar) dengan semaksimal mungkin agar tujuan pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan guru. (3) Faktor penghambat guru dalam pembelajaran PPKn yaitu jumlah peserta didik yang sangat sangat banyak pemikiran kemampuan peserta didik yang satu dengan lainnya tidak sama dan fasilitas sekolah yang tiba tiba tidak bisa digunakan saat pembelajaran dimulai (4) Usaha guru untuk mengatasi faktor penghambat pembelajaran PPKn yaitu meningkatkan minat peserta didik untuk belajar guru memiliki cara dengan membuat quiz memberikan motivasi dan reward dan cara guru mengatasi factor penghambat tersebut dengan mengadakan evaluasi dan sanksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52019

Actions (login required)

View Item View Item