Pengembangan media pembelajaran PPKn berbasis multimedia interaktif pada materi Lembaga Negara Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar Negera Republik Indonesia yahun 1945 untuk siswa kelas VIII SMP / Irfan Wahyu Permana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran PPKn berbasis multimedia interaktif pada materi Lembaga Negara Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar Negera Republik Indonesia yahun 1945 untuk siswa kelas VIII SMP / Irfan Wahyu Permana

Permana, Irfan Wahyu (2015) Pengembangan media pembelajaran PPKn berbasis multimedia interaktif pada materi Lembaga Negara Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar Negera Republik Indonesia yahun 1945 untuk siswa kelas VIII SMP / Irfan Wahyu Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permana Irfan Wahyu. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran PPKn Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Lembaga Negara Indonesia Berdasarkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 untuk Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Untari M.Si. (II) Siti Awaliyah S.Pd M.Hum. Kata kunci Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Lembaga Negara Indonesia Pembelajaran merupakan sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan. Salah satu komponen yang terdapat dalam sebuah sistem pembelajaran adalah media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan instrumen atau alat yang digunakan untuk mempermudah dalam menyampaikan informasi dari guru kepada siswa sehingga memperoleh pemahaman yang sama dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Media pembelajaran terdiri dari beberapa jenis yakni media teks gambar suara video dan kombinasi dari beberapa jenis media yang disebut multimedia. Multimedia dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah termasuk untuk mengajar matapelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 20 Malang pembelajaran PPKn masih dilakukan dengan cara konvensional (ceramah dan penugasan) sedangkan fasilitas yang disediakan sudah lengkap dan memadai. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti selama melakukan praktik pengalaman lapangan (PPL) peneliti berasumsi bahwa siswa merasa bosan dengan model pembelajaran ceramah dan penugasan sehingga siswa kurang bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran. Oleh sebab itu diperlukan sebuah media pembelajaran yang inovatif dan menarik yang dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa dan sarana prasarana yang tersedia. Berangkat dari permasalahan tersebut dilakukan sebuah penelitian pengembangan media pembelajaran PPKn berbasis multimedia interaktif pada materi lembaga negara Indonesia berdasarkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 untuk siswa kelas VIII SMP. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran yang valid dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta mendeskripsikan hasil validasi media pembelajaran yang telah dibuat. Model penelitian yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah model Borg Gall yang tediri dari 10 langkah dan direduksi menjadi 7 langkah. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) validasi ahli media materi pembelajaran (5) revisi produk (6) uji lapangan dan (7) revisi produk akhir. Hasil akhir dari penelitan pengembangan ini adalah media pembelajaran PPKn berbasis multimedia interaktif materi lembaga negara Indonesia berdasarkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang dikemas dalam bentuk CD (compact disk) dan dapat dioperasikan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows yang memiliki CD ROM. Media pembelajaran yang dihasilkan memuat (1) kompetensi inti (2) kompetensi dasar (3) tujuan pembelajaran (4) materi pembelajaran (5) video pembelajaran (6) uji kompetensi (7) permainan dan (8) biodata pembuat media pembelajaran. Produk media pembelajaran yang dihasilkan juga dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan (manual book) yang dapat digunakan untuk membantu mempermudah dalam pengoperasian media pembelajaran. Untuk menguji tingkat kelayakan media pembelajaran dilakukan validasi oleh beberapa ahli serta uji coba. (1) Validasi yang dilakukan oleh ahli media menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 94 79 % yang artinya sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. (2) Validasi yang dilakukan oleh ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 94 56 % yang artinya sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. (3) Validasi yang dilakukan oleh ahli pembelajaran menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 97 62 % yang artinya sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. (4) Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 95 29 % yang artinya sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. (5) Hasil uji coba kelompok besar menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 91 51 % yang artinya sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PPKn berbasis multimedia interktif materi lembaga negara Indonesia berdasarkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dinyatakan sangat layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar siswa SMP kelas VIII. Saran penelitian lebih lanjut untuk pengembangan media pembelajaran PPKn berbasis multimedia interaktif pada materi lembaga negara Indonesia berdasaran Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 untuk siswa kelas VIII SMP dapat dikembangkan untuk materi atau matapelajaran lain. Penelitian pengembangan ini terbatas hanya untuk menghasilkan media pembelajaran dan menguji tingkat kelayakannya oleh sebab itu bisa dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui seberapa besar tingkat keefektifan dari media pembelajaran yang telah dibuat. Selain itu media pembelajaran yang dihasilkan dapat dikembangkan menjadi media pembelajaran yang kompleks yang dapat dioperasikan pada perangkat-perangkat yang berkembang saat ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51906

Actions (login required)

View Item View Item