Kebijakan pemerintah tentang pemberlakuan jalan satu arah di Kota Malang / Riska Prasetyaning Tyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Kebijakan pemerintah tentang pemberlakuan jalan satu arah di Kota Malang / Riska Prasetyaning Tyas

Tyas, Riska Prasetyaning (2015) Kebijakan pemerintah tentang pemberlakuan jalan satu arah di Kota Malang / Riska Prasetyaning Tyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tyas Riska Prasetyaning.2014. Kebijakan Pemerintah Tentang Pemberlakuan Jalan Satu Arah di Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Arbaiyah Prantiasih M.Si (2) Rusdianto Umar SH. M.Hum. Kata Kunci kebijakan pemerintah jalan satu arah 12288 12288 12288 12288 12288 Kebijakan pemerintah tentang pemberlakuan jalan satu arah di Kota Malang mulai di berlakukan pada 06 November 2013 di seputaran Jalan Sumbersari- Jalan Gajayana Jalan MT. Haryono Jalan DI Panjaitan Jalan Bogor. Kebijakan tersebut di atur pada Peraturan Walikota Malang No. 35 Tahun 2013 tentang Rekayasa Lalu lintas di Kawasan Jalan Sumbersari-Jalan Gajayana- Jalan MT. Haryono- Jalan Di. Panjaitan-Jalan Bogor. 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Alasan diberlakukannya jalan satu arah di Kota Malang serta mengatahui pendapat masyarakat tentang adanya kebijakan pemberlakuan jalan satu arah di kota malang. 12288 12288 12288 12288 12288 Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan jenis penelitiannya yaitu studi kasus dalam mencari data dari informan yang terdiri dari Kepala Bagian Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Malang Kepala Kelurahan Penanggungan ketua RW DAN RT Kelurahan Penanggungan serta warga masyarakat sekitar pemberlakuan jalan satu arah. Pengumpulan data tersebut dilakukan dengan 3 (tiga) metode yaitu wawancara studi dokumentasi dan observasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh peneliti melakukan pengecekan data dengan cara sebagai berikut ketekunan/keajegan pengamatan dan triangulasi sumber data. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis tersebut diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama Kebijakan pemberlakuan jalan satu arah di Kota Malang diatur pada Peraturan Walikota No 35 Tahun 2013 tentang Tentang Rekayasa Lalu Lintas Jalan Sumbersari- Jalan Gajayana Jalan MT. Haryono Jalan DI Panjaitan Jalan Bogor. Dasar di buatnya kebijakan pemberlakuan jalan satu arah di kota Malang disebabkan adanya pertimbangan yaitu berkurangnya kekuatan jembatan soekarno hatta dan permasalahan kemacetan yang terjadi di Kota Malang yang semakin hari semakin parah. Banyak kendala dan hambatan yang dihadapi Pemerintah dari diberlakukanya kebijakan pemberlakuan jalan satu arah di Kota Malang 12288 12288 12288 12288 12288 Kedua Masyarakat sekitar pemberlakuan jalan satu arah (masyarakat Kelurahan Penenggungan Kelurahan Ketawanggede Kelurahan Dinoyo dan Kelurahan Sumbersari) banyak yang tidak setuju dari adanya kebijakan pemberlakuan jalan satu arah yang di berlakukan pemerintah Kota Malang terutama masyarakat yang baerada di Kelurahan Penanggungan. Hal itu di tanggapi masyarakat dengan sangat keras terbukti dari adanya aksi turun jalan dan blockade jalan DI. Panjaitan. Saran yang diberikan peneliti setelah melakukan penelitian ini antara lain (1) Pemerintah Kota Malang seharusnya lebih mempertimbangkan kepentingan publik dan melakukan analisis dampak yang ditimbulkan dari pembuatan kebijakan pemberlakuan jalan satu arah di Kota Malang agar tidak menyebabkan suatu gejolak di masyarakat secara umum (2) Masyarakat harus lebih aktif memberikan masukan - masukan berupa solusi terbaik agar tercipta suatu pemerintahan yang baik tidak hanya mengkritik dan mencerca pemerintahan serta dinas perhubungan sebagai instansi pembuat kebijakan pemberlakuan jalan satu arah (3) Rekomendasi solusi terbaik dari adanya kebijakan pemberlakuan jalan satu arah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51875

Actions (login required)

View Item View Item