Wulandari, Nisa A'rafiyah Tri (2015) Pelaksanaan model Project Based Learning pada mata pembelajaran PPKn Kelas X SMKN 1 Turen / Nisa A'rafiyah Tri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tri Wulandari Nisa A rafiyah. 2014. Pelaksanaan Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X di SMKN 1 Turen. Progam Studi Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Untari M.Si (II) Siti Awaliyah S. Pd M. Hum. Kata Kunci project based learning PPKn 12288 12288 12288 12288 Pendidikan nasional bertujuan untuk membentuk peserta didik agar menjadi pribadi yang cerdas terampil dan berakhlak mulia sehingga berguna dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa maupun bernegara. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut banyak langkah yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan pembaharuan kurikulum. Di Indonesia pembaharuan terbaru dari kurikulum telah dilakukan dengan menghasilkan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 dikembngkan dengan pola pikir yang berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Salah satu pola pikir yang dikembangkan adalah pembelajaran dilaksaakan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Untuk menunjang pola pembelajaran yang saintifik tim pengembang Kurikulum 2013 merekomendasilan Project Based Learning sebagai salah satu model pembelajaran yang digunakan. Di SMKN 1 Turen model ini telah digunakan oleh guru mata pelajaran PPKn. Namun pelaksanaannya masih bersifat sederhana. Dengan telah dilaksanakannya model Project Based Learning ini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait Pelaksanaan Model Project Based Learning di SMKN 1 Turen pada mata pelajaran PPKn Kelas X. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan rancangan pelaksanaan pembelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran (3) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran dan (4) evaluasi pembelajaran yang digunakan. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti bertindak sebagai pengumpul data dan dalam mengumpulkan data-data di lapangan yaitu di SMK Negeri 1 Turen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Sedangkan kegiatan analisis data dimulai dari tahap organisasi data kategorisasi data pengodean data penerapan teori mencari alternatif penjelasan lain sampai penulisan dan pelaporan hasil penelitian. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian yang ada diperoleh empat simpulan hasil penelitiaan sebagai berikut. Pertama rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dibuat oleh guru mata pelajaran PPKn menunjukkan bahwa guru juga berperan sebagai organisator. RPP yang dibuat sudah sesuai dengan kehendak Kurikulum 2013 dan telah mencerminkan langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek. Namun dari RPP yang dibuat ada satu komponen yang belum dicantumkan yaitu komponen tindak lanjut. 12288 12288 12288 12288 Kedua pelaksanaan pembelajaran proyek telah dilaksanakan sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Dari pembelajaran yang telah dilaksanakan unsur saintifik yang terangkum dalam 5M (mengamati menanya mengumpulkan data mengasosiasi dan mengomunikasikan telah terlihat. Namun kegiatan mengasosiasi yang dilakukan siswa belum dilakukan secara maksimal yang terbukti dari siswa belum mampu mengaitkan proyek yang dilakukan dengan materi. Adapun tahapan pembelajaran berbasis proyek terbagi menjadi empat bagian yaitu pemberian materi melalui diskusi perencanaan proyek pelaksanaan proyek dan pelaporan proyek. Namun proyek yang telah dilaksanakan siswa dinilai belum memadai untuk dikatakan sebagai tugas proyek karena sebatas dokumentasi batas desa saja. 12288 12288 12288 12288 Ketiga kendala yang dihadapi dapat dibagi dalam dua segi yaitu kendala yang dihadapi guru dan kendala yang dihadapi siswa. Kendala utama yang dihadapi guru adalah kesulitan guru untuk melakukan penilaian karena keterlambatan siswa dalam mengumpulkan proyek. Adapun kendala yang dihadapi oleh siswa adalah terbatasnya wakktu untuk mengerjakan proyek karena banyak tugas dari mata pelajaran lain dan terbatasnya sarana (dalam penelitian ini kendaraan) yang dapat digunakan untuk melaksanakan proyek. 12288 12288 12288 12288 Keempat evaluasi pembelajaran dilakukan dengan menggunakan penilaian proyek yang mencakup penilaian proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan ketika siswa melakukan perencanaan dan pelaksanaan sedangkan penilaian hasil diperoleh dari laporan yang tealah dibuat oleh siswa dan presentasi yang dilakukan oleh siswa. 12288 12288 12288 12288 Dengan demikian saran yang diberikan oleh peneliti untuk guru bidang studi PPKn dalam pembelajaran berbasis proyek yaitu memberikan waktu yang lebih lama dalam proses pengerjaan proyek sehingga siswa dapat membuat laporan secara maksimal memberikan penjelasan singkat mengenai tujuan dari adanya pembelajaran berbasis proyek sehingga siswa lebih mudah dalam mengaitkan materi dengan proyek yang dilakukan dan mengembangkan proyek pembelajaran yang lebih menarik dan bermanfaat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |