Rosalina, Selvia (2014) Penerapan model pembelajaran example non example untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII B di SMP Negeri 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan / Selvia Rosalina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rosalina Selvia. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Example non Example Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII B di SMP Negeri 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Arbaiyah Prantiasih M.Si. (II) Hj. Yuniastuti S.H M.Pd Kata Kunci motivasi hasil belajar example non example Berdasarkan Observasi Pratindakan yang dilaksanakan pada Hari Selasa tanggal 21 Januari 2014 di kelas VIII B SMP Negeri 1 Kejayan dengan materi Demokrasi menunjukkan tingkat keaktifan di kelas tersebut masih tergolong rendah. Hal itu ditunjukkan dengan respon siswa ketika diberi pertanyaan oleh guru. Respon jawaban yang diberikan siswa cenderung lambat dan tidak menyeluruh. Kesimpulannya pembelajaran PKn di Kelas VIII B SMP Negeri 1 Kejayan berlangsung secara pasif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model Example non Example kelas VIII B di SMPN 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan (2) Untuk menganalisis penerapan model Example non Example dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B di SMPN 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan (3) Untuk menganalisis penerapan model Example non Example dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B di SMPN 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus tindakan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan selama 2x40 menit dan dilakukan evaluasi disetiap akhir siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan semester genap tahun ajaran 2013-2014. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu motivasi dan hasil belajar siswa yang didapat dari hasil observasi selama pembelajaran dan pada saat evaluasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi catatan lapangan soal subyektif dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa di kelas VIII B di SMP Negeri 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan mengalami banyak peningkatan. Hasil tindakan siklus I diketahui sebagai berikut dalam hal motivasi belajar siswa sebanyak 2 atau 5 5 % siswa masuk dalam kriteria kurang 7 siswa atau 19 4 % masuk dalam kriteria cukup 17 siswa atau 47 2 % termasuk dalam kriteria baik dan 10 orang atau 27 7 % masuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan dalam hasil belajarnya sebanyak 29 siswa tidak tuntas belajar dan yang tuntas hanya 7 siswa dengan nilai rata-rata kelas sebesar 71. Hasil tindakan siklus II diketahui sebagai berikut dalam hal motivasi belajar siswa sebanyak 20 siswa atau 52 6 % termasuk dalam kriteria baik dan 18 orang atau 47 4 % masuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan dalam hasil belajarnya sebanyak 6 siswa tidak tuntas belajar dan yang tuntas 32 siswa dengan nilai rata-rata kelas sebesar 86. Berdasarkan hasil penelitian adapun kesimpulan yang diperoleh adalah (1) Penerapan model pembelajaran Example non Example di kelas VIII B dilaksanakan dengan tahapan-tahapan yaitu Pembukaan Inti pembelajaran Refleksi serta Evaluasi (2) Penelitian yang dilakukan di kelas VIII B SMP Negeri 1 Kejayan dengan menggunakan model pembelajaran Example non Example dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Standart Kompetensi memahami makna kedaulatan rakyat (3) Penelitian yang dilakukan di kelas VIII B SMP Negeri 1 Kejayan dengan menggunakan model pembelajaran Example non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Standart Kompetensi memahami makna kedaulatan rakyat. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan peneliti menyampaikan beberapa saran yaitu (1) Untuk Guru agar guru dapat mengelola waktu dan kelas dengan baik pada pembelajaran model Example non Example dan guru melibatkan siswa dalam pembelajaran agar tidak membuat siswa jenuh (2) Untuk Siswa siswa seharusnya datang kesekolah tidak dengan otak kosong melainkan sudah membawa bekal terkait dengan materi pembelajaran yang akan dibelajarkan pada hari tersebut sehingga akan mempermudah proses pembelajaran siswa harus jujur dan saling memberi yang terbaik yaitu bertanya apabila tidak paham dengan materi dan memberi tahu pada teman yang kesulitan memahami materi pelajaran dengan jujur. (3) Untuk Peneliti Selanjutnya Pembelajaran model Example non Example dapat menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi masalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan penggunaan model Example non Example hendaknya diterapkan untuk materi yang menuntut siswa untuk aktif tidak hanya sekedar teori tetapi juga bagaimana prakteknya pada awal pembukaan lagu yang dinyanyikan seharusnya disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. (4) Untuk Jurusan Hukum Kewarganegaraan agar menindaklanjuti penelitian ini sehingga model pembelajaran Example non Example bisa terus berkembang dan diterapkan untuk siswa dengan bentuk yang berbeda misalnya penelitian pengembangan ataupun eksperimen agar khasanah rujukan untuk model pembelajaran yang serupa bisa lebih banyak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51812 |
Actions (login required)
View Item |