Prastyo, Arif Nur (2014) Hubungan antara pemahaman demokrasi dengan partisipasi politik siswa di SMP Neheri Bareng Kecamatan Kabupaten Jombang / Arif NurPrastyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nur Prastya Arif. 2013. Hubungan Pemahaman Demokrasi dengan Partisipasi Politik Siswa SMP Negeri Bareng Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suparman Adi Winoto S.H M. Hum. (2) Nuruddin Hady S.H M. H. Kata kunci pemahaman demokrasi partisipasi politik. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran demokrasi bertujuan untuk menggabungkan siswa yang kritis dan paham politik sehingga pada saatnya nanti akan memperkuat partisipasi publik dalam proses demokrasi. Siswa juga akan mendapat pengajaran melalui proses pemilihan orientasi sidang umum dan evaluasi. Selain itu diharapkan siswa paham tentang pentingnya pengetahuan berdebat dan bernegosiasi dan pentingnya keterlibatan siswa berpolitik. Siswa yang berpartisipasi dalam proses politik misalnya melalui pemberian suara atau kegiatan lain terdorong oleh keyakinan bahwa melalui kegiatan bersama itu kebutuhan dan kepentingan mereka akan tersalur atau sekurang-kurangnya diperhatikan dan bahwa mereka sedikit banyak dapat mempengaruhi tindakan-tindakan dari mereka yang berwenang untuk membuat keputusan-keputusan tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas maka dilakukan penelitian tentang pemahaman demokrasi dengan partisipasi politik siswa di SMP Negeri Bareng Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui pemahaman demokrasi siswa di SMP Negeri Bareng Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang (2)Mengetahui partisipasi politik siswa SMP Negeri Bareng Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang (3) Mengetahui hubungan antara pemahaman demokrasi dengan partisipasi politik siswa di SMP Negeri Bareng Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Lokasi penelitian di SMP Negeri Bareng Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Sumber data dalam penelitian ini adalah manusia dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VIII SMP Negeri Bareng yang berjumlah 274 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Prosedur analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. 12288 12288 12288 12288 Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil penelitian mengenai pemahaman demokrasi dengan menggunakan tes soal dapat disimpulkan bahwa hasil tes siswa secara umum baik. Hasil analisis data tingkat pemahaman demokrasi menunjukkan bahwa dari 70 responden sebanyak 10 responden (14 28%) termasuk dalam kategori sangat baik 31 responden (44 28%) termasuk dalam kategori baik 26 responden (37 14%) termasuk dalam kategori cukup dan 3 responden (4 28%) termasuk dalam kategori kurang. Sedangkan mean dari variabel pemahaman demokrasi adalah 52 43 yang berada pada kualifikasi baik. (2) Berdasarkan hasil penelitian mengenai partisipasi politik dengan menggunakan tes angket dapat disimpulkan bahwa hasil tes angket siswa secara umum tinggi. Hasil analisis data partisipasi politik menunjukkan bahwa dari 70 responden sebanyak 31 responden (44 28%) termasuk dalam kategori sangat tinggi 34 responden (48 57%) termasuk dalam kategori tinggi 5 responden (7 14%) termasuk dalam kategori rendah dan tidak ada responden (0 %) termasuk dalam kategori sangat rendah. Sedangkan mean dari variabel partisipasi politik adalah 63 75 yang berada pada kualifikasi tinggi (3) Ada hubungan yang signifikan antara pemahaman demokrasi dengan partisipasi politik siswa di SMP Negeri Bareng Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang berdasarkan uji hipotesis dapat dilihat dari perolehan r hitung sebesar 0 328 dan nilai signifikansi sebesar 0 003. Hasil r tersebut kemudian dikonsultasikan dengan tabel kritik r product moment pada taraf signifikansi 5% dengan N/responden sejumlah 70 yaitu 0 235. Dari hasil tersebut didapat nilai r hitung diatas nilai r tabel (0 328 0 235). Karena nilai r hasil nilai r tabel (0 328 0 235) dan nilai sinifikansi hasil nilai p pada taraf kepercayaan 95% (0 003 0 05) maka Ho ditolak dan Ha diterima dan koefisien korelasi signifikan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan penelitian di atas saran yang diajukan adalah sebagai berikut (1) perlu diadakan penelitian lain serta pemikiran kritis terhadap pemahaman demokrasi (2) siswa diharapkan lebih sadar akan pentingnya partisipasi politik sebagai sarana untuk dapat menyalurkan aspirasi mereka. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51782 |
Actions (login required)
View Item |