Peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan kesadaran hukum siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Probolinggo / Rirhayuli Hajiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan kesadaran hukum siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Probolinggo / Rirhayuli Hajiah

Hajiah, Rirhayuli (2013) Peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan kesadaran hukum siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Probolinggo / Rirhayuli Hajiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hajiah Rirhayuli. 2013. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menanamkan Kesadaran Hukum Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Kota Probolinggo. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. M. Yuhdi Batubara (II) Rusdianto Umar S.H. M.Hum. Kata Kunci sadar hukum peran guru pendidikan kewarganegaraan Sadar hukum merupakan kesadaran dari lubuk hati terdalam yang dimiliki oleh setiap orang tanpa adanya paksaan dan tekanan dari pihak manapun untuk mematuhi segala peraturan yang ada. Kewajiban seorang guru pendidikan kewarganegaraan yaitu menanamkan kesadaran hukum pada anak didiknya sejak dini dan menjadikan siswa-siswi penerus bangsa yang memiliki kesadaran hukum yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana wawasan guru pendidikan kewarganegaraan terhadap kesadaran hukum mengetahui bagaimana peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan kesadaran hukum siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Probolinggo mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan kesadaran hukum siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Probolinggo mengetahui upaya guru pendidikan kewarganegaraan dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam menanamkan kesadaran hukum siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif ini digunakan mendeskripsikan tentang peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan kesadaran hukum siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Probolinggo. Dalam penelitian ini menggunakan berbagai macam sumber data yang diperoleh dari hasil wawancara observasi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untu menjamin keabsahan data yang diperoleh peneliti melakukan pengecekan data dengan cara perpanjangan keikutsertaan ketekunan/keajegan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut pertama wawasan guru pendidikan kewarganegaraan terhadap kesadaran hukum sudah baik. Kedua peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan kesadaran hukum siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Probolinggo yaitu sebagai berikut (1) guru pendidikan kewarganegaraan sebagai pengajar sudah mengajarkan kepada siswa tentang pentingnya peraturan yang ada di SMA Negeri 4 Kota Probolinggo melalui pemberian materi di dalam kelas dan juga melalui nasehat guru pendidikan kewarganegaraan sebagai pengajar sudah mengajarkan siswa bagaimana berfikir kritis terhadap hukum yang ada di sekolah melalui motivasi memberikan contoh bentuk-bentuk pelanggaran dan diberi tugas kelompok agar dapat memancing siswa untuk bertanya dan menanggapi pada saat presentasi. (2) guru pendidikan kewarganegaraan sebagai pembimbing sudah membimbing siswa dalam mematuhi peraturan baik di kelas maupun di luar kelas di dalam kelas guru memberikan tugas dan di luar kelas dengan cara diberikan masukan kepada siswa. (3) guru pendidikan kewarganegaraan sebagai motivator siswa sudah memberikan motivasi kepada siswa untuk mematuhi semua peraturan dengan cara menunjukkan dampak positif dan negatif orang yang sadar hukum dan memberikan keteladan sikap yang sesuai dengan hukum. (4) guru pendidikan kewarganegaraan sudah menjadi model kepada siswa untuk mematuhi semua peraturan yang ada melalui keteladanan yang dapat dicontoh siswa dengan memberikan contoh tidak mengeluarkan HP pada saat kegiatan belajar mengajar berpakaian rapi datang tepat waktu berbicara sopan dan lain sebagainya. Ketiga kendala yang dihadapi guru pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan kesadaran hukum siswa yaitu waktu buku pengawasan dan pemantauan serta narasumber. Keempat upaya yang dilakukan guru pendidikan kewarganegaraan untuk mengatasi kendala dalam menanamkan kesadaran hukum siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Probolinggo yaitu dengan adanya tim tatib untuk memantau dan mengawasi siswa kelas X memberikan kesempatan siswa untuk mencari informasi terkait dengan hukum di televisi dan internet dan dapat juga langsung bertemu dengan narasumber yang terkait dengan hukum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51774

Actions (login required)

View Item View Item