Peningkatan partisipasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran deep dialogue/critical thinking di kelas VIIID di SMP Negeri 1 Malang / Faridhotul A.M. - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan partisipasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran deep dialogue/critical thinking di kelas VIIID di SMP Negeri 1 Malang / Faridhotul A.M.

Faridhotul A.M. (2013) Peningkatan partisipasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran deep dialogue/critical thinking di kelas VIIID di SMP Negeri 1 Malang / Faridhotul A.M. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Faridhotul A.M. 2013. Peningkatan Partisipasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn dengan Menggunakan Model Pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thingking (DD/CT) di Kelas VIII D SMP Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Arbaiyah Prantiasih M.Si. (II) Hj. Yuni Astuti S.H M.Pd Kata kunci Partisipasi Belajar Prestasi Belajar Deep Dialogue/Critical Thingking (DD/CT) Berdasarkan observasi pratindakan yang dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2013 di kelas VIII D SMP N 1 Malang temuan yang didapatkan adalah sebagai berikut (1) pengkondisian kelas kurang dilakukan oleh guru terutama di awal pelajaran dimana kelas terlihat sangat gaduh (2) respon yang diberikan siswa dalam menggapi pertanyaan dari guru tergolong kurang dimana selama proses pembelajaran hanya satu orang siswa yang berani mengancungkan tangan untuk menjawab pertanyaan yang diutarakan oleh guru (3) Partisipasi siswa kurang yang lain ditunjukkan dengan pengajuan pertanyaan selama pembelajaran berlangsung tidak ada siswa yang mengajukan pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model Deep Dialogue/Critical Thinking di kelas VIII D SMP Negeri 1 Malang (2) Untuk menganalisis penerapan model Deep Dialogue/Critical Thinking dalam meningkatkan Partisipasi Belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Malang (3) Untuk menganalisis penerapan model Deep Dialogue/Critical Thinking dalam meningkatkan Prestasi Belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus tindakan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan selama 2x40 menit dan dilakukan evaluasi disetiap akhir siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII D semester ganjil tahun ajaran 2013-2014 SMP N 1 Malang dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu partisipasi dan prestasi belajar siswa yang didapat dari hasil observasi selama pembelajaran dan pada saat evaluasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan catatan lapangan dan soal subyektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran denagn menggunakan model Deep Dialogue/Critical Thinking terdiri dari 5 tahap yaitu hening membangun komunitas penemuan konsep dengan strategi Cooperative Learning refleksi dan evaluasi (2) Rata- rata perolehan skor partisipasi belajar siswa pada siklus I masih tergolong pada kriteria cukup yaitu sekitar 60% pada siklus II jumlah siswa yang mendapat predikat baik dan sangat baik mencapai 86 7% dan tidak ada siswa yang mendapat predikat kurang (3) Prestasi belajar siswa pada siklus I belum tergolong pada kriteria tuntas karena ketuntasan klasikal belum mencapai 80% yaitu hanya 76 67% dengan nilai rata-rata kelas 83 4. Pada siklus II dapat dikatakan tuntas karena ketuntasan klasikal mencapai 90% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 86 4. Berdasarkan hasil penelitian adapun kesimpulan yang diperoleh adalah (1) Penerapan model pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) di kelas VIII D dilaksanakan dengan tahapan-tahapan yaitu Hening Membangun Komunitas Penemuan Konsep dengan Strategi Cooperative Learning Refleksi serta Evaluasi. (2) Penelitian yang dilakukan di kelas VIII D SMP N 1 Malang dengan menggunakan model pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa pada Standart Kompetensi memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia. (3) Penelitian yang dilakukan di kelas VIII D SMP N 1 Malang dengan menggunakan model pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada Standart Kompetensi memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan peneliti menyampaikan beberapa saran yaitu (1) Untuk Guru (a) Guru harus dapat mengelola waktu dan kelas dengan baik pada pembelajaran model Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) agar pembelajaran dapat berjalan sesuai rencana dan tujuan yang diharapkan (b) Guru harus melibatkan siswa dalam pembelajaran agar tidak membuat siswa jenuh terutama untuk siswa yang sudah memiliki input yang bagus dengan menggunakan berbagai model pembelajaran yang lain. (2) Untuk Siswa (a) Siswa seharusnya datang kesekolah tidak dengan tangan kosong melainkan sudah membawa bekal terkait dengan materi pembelajaran yang akan dibelajarkan pada hari tersebut sehingga akan mempermudah proses pembelajaran (b) Siswa harus jujur dan saling memberi yang terbaik yaitu bertanya apabila tidak paham dengan materi dan memberi tahu pada teman yang kesulitan memahami materi pelajaran dengan jujur. (3) Untuk Peneliti Selanjutnya (a) Pembelajaran model Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) dapat menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi masalah rendahnya partisipasi dan prestasi belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan disesuaikan dengan materi dan tujuan pembelajaran (b) Penggunaan model Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) hendaknya diterapkan untuk materi yang menuntut siswa untuk berpikir analitis tidak hanya sekedar teori tetapi juga bagaimana prakteknya sehingga akan mendorong siswa untuk berpikir lebih kritis (c) Pada tahap membangun komunitas lagu yang dinyanyikan seharusnya disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51758

Actions (login required)

View Item View Item