Kusuma, Dita Ayu (2013) Pelaksanaan pembelajaran nilai karakter di pesantren putri Al-Mawaddah 2 Desa Jiwut Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Dita Ayu Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kusuma Dita Ayu. 2013. Pelaksanaan Pembelajaran Nilai Karakter di Pesantren Putri Al-Mawaddah 2 Desa Jiwut Kecamatan Nglegok Kabupatern Blitar. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Prodi S1- Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pembimbing (1) Dra. Arbaiyah Prantiasih M.Si. (II) Drs. H. Edi Suhartono S.H. M.Pd. Kata Kunci Nilai Karakter Pesantren Era Globalisasi yang ditandai perkembangan teknologi komunikasi informasi dan gaya hidup mendunia memberikan dampak positif dan dampak negatif. Salah satu dampak positif yaitu adanya kemajuan teknologi yang semakin canggih dan salah satu dampak negatifnya adalah masuknya budaya barat yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia sehingga dapat melemahkan nilai moral bangsa Indonesia. Untuk itu diperlukan pendidikan karakter dengan membelajarkan nilai-nilai karakter kepada anak didik guna membentuk kepribadian dan bertanggung jawab dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Selain dalam pendidikan formal nilai-nilai karakter ini perlu dikembangkan dalam dunia pesantren. Pesantren adalah sebuah lembaga pen didikan dan pengembangan agama Islam. Lembaga pesantren merupakan wadah untuk mentransformasikan nilai bagi para santri dengan adanya pesantren sebagai lembaga pendidikan diharapkan dapat menunjang peningkatan kualitas manusia Indonesia yang tidak hanya handal dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi melainkan juga mendidik sikap dan kepribadian serta moralitas yang luhur sesuai dengan ajaran agama Islam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) landasan pembelajaran nilai karakter di pesantren (2) pelaksaan pembelajaran nilai karakter di Pesantren (3) metode yang digunakan dalam membelajarkan nilai karakter (4) kendala yang dihadapi dalam membelajaran nilai karakter (5) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam membelajarkan nilai karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif kualitatif. Disebut pendekatan deskriptif kualitatif karena data yang dihasilkan bukan dalam bentuk angka-angka tetapi berupa kata-kata lisan atau tertulis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara serta dokumentasi. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan (verivikasi). 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini adalah (1) Landasan dalam membelajarkan nilai karakter di pesantren ini diambil dari kurikulum yang sudah ditentukan oleh Kemenag dan juga menggunakan beberapa kitab kuning yang mendukung pembelajaran yaitu kitab Akhlakul Lilbanat dan Tanbihul Muta alim (2) Pelaksanaan pembelajaran nilai karakter di pesantren ini dilakukan melalui pembelajaran di dalam kelas secara klasikal yaitu dengan mengintregasikan nilai karakter pada setiap mata pelajaran yang di sampaikan oleh ustadzah dan juga dilakukan dengan penerapan nilai-nilai karakter yang sudah ada di pesantren dalam kehidupan sehari-hari (3) Strategi dan metode dalam membelajarkan nilai karakter di pesantren ini adalah dengan melakukan pemantauan kepada santri yang dilakukan selama 24 jam. Selain itu juga dilakukan dengan memberikan keteladan dan contoh nyata dari pengasuh dan ustadzah (4) Kendala yang dihadapi dalam membelajarkan nilai karakter di Pesantren ini adalah latar belakang santri yang berbeda dan karakter santri yang berbeda (5) Upaya mengatasi kendala dalam membelajarkan nilai karakter di pesantren adalah memberi nasehat kepada santri melalui kegiatan pengarahan mingguan setiap hari jumat memberi bimbingan kepada santri melalui teladan yang diberikan langsung oleh ustadzah memantau santri melalui organisasi OSWAH (organisasi santriwati Al-Mawaddah) Berdasarkan hasil penelitian di atas maka saran yang dapat disampaikan adalah bagi pengasuh dan ustadzah diharapkan mempertahankan nilai-nilai karakter yang sudah diterapkan di pesantren seperti nilai karakter disiplin yang berupa dan mempertahankan ketelatenan dalam membimbing dan menasehati santri. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk mengadakan penelitian lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Nov 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51749 |
Actions (login required)
View Item |