Pelaksanaan penilaian PKn dengan teknik non tes di SMP Negeri 17 Malang / Novi Oktaviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan penilaian PKn dengan teknik non tes di SMP Negeri 17 Malang / Novi Oktaviana

Oktaviana, Novi (2013) Pelaksanaan penilaian PKn dengan teknik non tes di SMP Negeri 17 Malang / Novi Oktaviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Oktaviana Novi. 2013 Pelaksanaan Penilain PKn Dengan Teknik Non Tes di SMP Negeri 17 Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum Dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Edi Suhartono SH M.Pd. (II) Hj. Yuni Astuti SH M.Pd. Kata Kunci Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan Teknik Non Tes Mutu pendidikan dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya peserta didik pengelola sekolah lingkungan kualitas pengajaran kurikulum dan sebagainya. Usaha peningkatan pendidikan bisa ditempuh dengan peningkatan kualitas pembelajaran dan sistem evaluasi yang baik. Keduanya saling berkaitan sistem pembelajaran yang baik akan menghasilkan kualitas pendidikan yang baik selanjutnya sistem penilaian yang baik akan mendorong guru untuk menentukan strategi mengajar yang baik dan memotivasi peserta didik untuk belajar yang lebih baik. Sehubungan dengan itu maka di dalam pembelajaran dibutuhkan guru yang tidak hanya mengajar dengan baik namun mampu melakukan evaluasi dengan baik. Kegiatan evaluasi sebagai bagian dari program pembelajaran perlu lebih dioptimalkan. Evaluasi tidak hanya bertumpu pada penilaian hasil belajar namun perlu penilaian terhadap input output dan kualitas proses pembelajaran itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab semua masalah pokok yang ada dalam penelitian ini yaitu (1) perencanaan penilaian teknik non test pada pelajaran PKn di SMPN 17 Malang (2) bentuk penilaian teknik non tes yang dilaksanakan di SMPN 17 Malang (3) pelaksanaan penilaian teknik non tes pada pelajaran PKn di SMPN 17 Malang (4) hambatan dan upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan penilaian teknik non tes pada mata pelajaran PKn di SMPN 17 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa gambaran fakta temuan yang ada di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan trianggulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa (1) dalam melakukan perencanaan untuk penilaian dengan menggunakan teknik non tes harus memperhatikan empat hal yaitu kompetensi yang diukur aspek yang akan diukur ( pengetahuan keterampilan atau sikap) kemampuan peserta didik yang akan diukur dan sarana dan prasarana yang ada (2) bentuk penilaian teknik non tes yang digunakan di SMP Negeri 17 Malang adalah observasi angket dan wawancara (3) observasi dalam pelaksanaan teknik penilaian non tes dengan menggunakan instrumen penilaian observasi maka pertama-tama guru merumuskan tujuan merumuskan kegiatan menyusun alat penilaian Wawancara dalam pelaksanaan teknik penilaian non tes dengan menggunakan instrumen penilaian wawancara maka pertama-tama guru merumusan tujuan merumusan kegiatan atau aspek-aspek yang dinilai menyusunan kisi-kisi menyusun pedoman wawancara quistionare dalam pelaksanaan teknik penilaian non tes dengan menggunakan instrumen penilaian quistionare maka pertama-tama guru merumuskan tujuan merumuskan kegiatan menyusun langkah-langkah menyusun panduan angket (4) hambatan dalam pelaksanaan penilaian teknik non tes yaitu proses penilaian yang membutuhkan waktu cukup lama dan Alat ukur (instrumen) yang digunakan cukup banyak. Berdasarkan penelitian ini maka ada beberapa saran yaitu Agar tujuan pelaksanaan penilaian disekolah bisa terwujud seyogyanya calon guru memantapkan instrumen yang akan dipergunakan dalam mengevaluasi peserta didiknya. Agar proses penilaian disekolah tidak mengalami kendala dan selalu mengikuti perkembangan jaman seyogyanya guru menggunakan RPP yang sesuai dengan ketentuan yang ada. Agar penilaian dikelas berjalan lancar seyogyanya guru bisa mengatasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan penilaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51746

Actions (login required)

View Item View Item