Pengembangan media pembelajaran film dokumenter materi nilai Pancasila kompetensi dasar Pancasila dasar negara dan ideologi negara di kelas VIII SMP Negeri 7 Malang / Muhammad Ali Ridho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran film dokumenter materi nilai Pancasila kompetensi dasar Pancasila dasar negara dan ideologi negara di kelas VIII SMP Negeri 7 Malang / Muhammad Ali Ridho

Ridho, Muhammad Ali (2013) Pengembangan media pembelajaran film dokumenter materi nilai Pancasila kompetensi dasar Pancasila dasar negara dan ideologi negara di kelas VIII SMP Negeri 7 Malang / Muhammad Ali Ridho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ridho Muhammad Ali. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Film Dokumenter Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Kompetensi Dasar Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara di kelas VIII SMP Negeri 7 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suparlan Al Hakim M. Si Pembimbing (2) Yuni Astuti S.H M. Pd Kata Kunci Media Film Dokumenter Pembelajaran PKn Pancasila Dasar Negara Ideologi Negara Kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting dalam proses pembelajaran. Karena dalam kegiatan tersebut variasi dalam pembelajaran menyebabkan media sebagai salah satu alat dalam proses pembelajaran yaitu media pembelajaran. Media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran PKn menjadi sangat penting. Apalagi dalam media tersebut terdapat pengembangan . Salah satu bentuk pengembangan media pembelajaran yaitu pengembangan media film dokumenter. Media film dokumenter dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan seseorang. Media film dokumenter dapat pula menumbuhkan minat dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Sehingga pengembangan media film dokumenter sangat membantu meningkatkan kreatifitas guru dalam proses pembelajaran guna untuk menarik minat belajar siswa dan memotivasi siswa dalam belajar dengan demikian media film dokumenter sangat efektif bila diterapkan dalam pembelajaran PKn. Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) validitas teknis media film dokumenter tentang materi Nilai-Nilai Pancasila Kompetensi Dasar Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara di kelas VIII SMP Negeri 7 Malang (2) validitas isi dari media film dokumenter tentang materi Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara di kelas VIII SMP Negeri 7 Malang. Penelitian tentang pengembangan media film dokumenter dalam pembelajaran PKn tentang materi pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara di kelas VIII SMP Negeri 7 Malang ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan. Pengembangan terlaksana dengan terlebih dahulu dilakukan kegiatan validasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket pada uji coba ahli media ahli materi PKn ahli pembelajaran (guru) kelompok kecil siswa dan kelompok besar siswa. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data dari responden ahli media ahli materi PKn ahli pembelajaran (guru) kelompok kecil siswa dan kelompok besar siswa menggunakan tehnik prosentase. Berdasarkan uji coba/validasi media film dokumenter pembelajaran yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut pengkaji media 92 5% pengkaji materi 92 5% pengkaji pembelajaran 100% kelompok kecil siswa 91 2% kelompok besar siswa 89%. Dari hasil penelitian pengembangan tersebut berdasarkan kriteria analisis yang ditentukan masing-masing memenuhi kriteria valid. Saran demi kesempurnaan pengembangan media film dokumenter dalam pembelajaran PKn tentang materi pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara di kelas VIII adalah sebagai berikut 1) untuk dijadikan bahan pertimbangan sebagai alternatif media untun menunjang tercapainya tujuan pembelajaran 2) untuk guru dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran 3) untuk pengembang selanjutnya perlu pengkajian lebih dalam untuk materi dan persiapan 4) untuk jurusan PKn sebagai masukan untuk menambah informasi dan pengetahuan serta wawasan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51735

Actions (login required)

View Item View Item