Motivasi belajar siswa yang terbiasa menggunakan facebook dalam mata pelajaran PKn siswa kelas VIII-7 di SMPN 3 Malang / Irawan Hadi Wiranata - Repositori Universitas Negeri Malang

Motivasi belajar siswa yang terbiasa menggunakan facebook dalam mata pelajaran PKn siswa kelas VIII-7 di SMPN 3 Malang / Irawan Hadi Wiranata

Wiranata, Irawan Hadi (2013) Motivasi belajar siswa yang terbiasa menggunakan facebook dalam mata pelajaran PKn siswa kelas VIII-7 di SMPN 3 Malang / Irawan Hadi Wiranata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Motivasi Belajar Facebook Pelajaran Pkn Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang tengah populer dikalangan remaja. Dengan facebook seseorang dapat bertukar informasi memberikan komentar chatting mengunggah gambar catatan dan video kemudian membagikan kepada pengguna lain. facebook sedikit banyak mempengaruhi belajar siswa. Siswa yang kecanduan facebook akan mengurangi motivasi belajarnya tetapi sebaliknya siswa yang mampu memanfaatkan facebook bisa menumbuhkan motivasi belajar. Terlebih pelajaran PKn yang bisa dikatakan membosankan bagi siswa jika guru kurang inovatif dalam menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Motivasi belajar siswa yang terbiasa menggunakan facebook dalam mata pelajaran PKn pada siswa kelas VIII-7 di SMPN 3 Malang 2). Faktor-faktor yang menimbulkan motivasi belajar siswa yang terbiasa menggunakan facebook dalam mata pelajaran PKn pada siswa kelas VIII-7 di SMPN 3 Malang dan 3). Bentuk-bentuk motivasi belajar siswa yang terbiasa menggunakan facebook dalam mata pelajaran PKn pada siswa kelas VIII-7 di SMPN 3 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis kualitatif pendekatan induktif. Penelitian dilakukan di SMPN 3 Malang dengan objek penelitian adalah motivasi belajar siswa yang terbiasa menggunakan facebook siswa kelas VIII-7. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Motivasi belajar siswa yang terbiasa menggunakan facebook terhadap pelajaran Pkn pada siswa kelas VIII-7 SMPN 3 Malang hampir sama dengan siswa lainnya di kelas tersebut. Motivasi mereka belajar PKn karena PKn merupakan pelajaran yang wajib menurut kurikulum. Sehingga apapun keadaannya harus mengikuti pelajaran PKn dengan berbagai kekurangan dalam pelaksanaan KBM. Dari segi faktor yang mempengaruhi motivasi belajar terlihat ada 2 faktor. Yang pertama faktor individual yaitu berasal dari dalam diri. Siswa yang masih labil atau dalam tahap perubahan menuju remaja dipengaruhi mental yang ada dalam diri siswa itu sendiri kemudian faktor emosi motivasi dari dalam diri kecerdasan dan kepribadian masing-masing individu. Faktor sosial yaitu berasal dari keadaan sosial di rumah maupun di sekolah. Bentuk motivasi belajar yang dirangsang oleh guru tercipta melalui angka atau nilai ulangan atau ujian dan hukuman. Dari penelitian ini saran-saran yang diajukan yaitu (1) hendaknya Kepala Sekolah lebih memperhatikan terhadap guru-guru yang mengajar untuk menimbulkan motivasi bagi siswa. Karena motivasi penting dalam menumbuhkan minat belajar siswa (2) dengan menggunakan jejaring sosial facebook diharapkan siswa mampu menggunakan itu untuk membantu kegiatan belajar. Pergunakan teknologi untuk membantu motivasi dalam belajar. (3) Untuk para guru diharapkan lebih memanfaatkan jejaring sosial untuk media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51712

Actions (login required)

View Item View Item