Problematika pembelajaran kontektual pada mata pelajaran PKn di MAN Malang II Batu / Mahardika Eka Ananta - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika pembelajaran kontektual pada mata pelajaran PKn di MAN Malang II Batu / Mahardika Eka Ananta

Ananta, Mahardika Eka (2013) Problematika pembelajaran kontektual pada mata pelajaran PKn di MAN Malang II Batu / Mahardika Eka Ananta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Problematika Pembelajaran Kontekstual Mata Pelajaran PKn Pembelajaran Kontekstual atau contextual teaching and learning (CTL) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pembelajaran yang dimilikinya dengan penerapan kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran ini dapat memberikan keleluasaan kepada siswa untuk aktif dan membangun kebermaknaan sesuai dengan pemahaman yang mereka miliki sehingga meningkatkan aktifitas siswa dalam proses belajar. Tujuan pendidikan nasional melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) juga sangat sesuai dengan fungsi mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yaitu sebagai usaha membentuk warga negara yang cerdas memiliki daya saing cinta tanah air demokratis berkarakter dan setia kepada bangsa dan Negara Indonesia dengan bersendikan kebudayaan dan filsafat bangsa Indonesia yang sesuai dengan amanat Pancasila dan UUD 1945. Selain itu peran guru dituntut untuk membuktikan profesionalismenya karena selain harus menyusun dan membuat rencana pembelajaran berdasarkan kemampuan dasar siswa guru juga harus menggali potensi siswa sehingga mampu mencari dan menemukan ilmu pengetahuan sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab semua masalah pokok yang ada dalam penelitian ini yaitu (1) pemahaman guru tentang pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PKN di MAN MALANG II Batu (2) pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PKn di MAN MALANG II Batu (3) kendala yang terjadi dalam pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PKn di MAN MALANG II Batu (4) upaya mengatasi kendala yang dihadapi dalam pembelajaran PKn di MAN MALANG II Batu (5) prospektif pelaksanaan pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran PKn di MAN MALANG II Batu. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah melalui pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan arti data-data yang telah terkumpul dengan memberikan perhatian dan merekam sebanyak mungkin aspek situasi yang diteliti pada saat itu sehingga memperoleh gambaran secara umum dan menyeluruh tentang keadaan sebenarnya. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan berupa pengamatan wawancara dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. ii Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa (1) pemahaman guru tentang pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PKN di MAN MALANG II Batu adalah masih kurang dalam artian guru sudah memahami pembelajaran kontekstual dalam aspek teori tetapi dalam aspek prakteknya guru belum memahami dan belum sesuai dengan pembelajaran kontekstual yang sesuai dengan teori yang ada (2) pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PKn di MAN MALANG II Batu dapat diketahui bahwa guru yang sudah melakukan pembelajaran kontekstual di MAN Malang II Batu dan sesuai dengan komponen-komponen pembelajaran kontekstual seperti komponen konstruktivistik (constructivism) menemukan (inquiri) bertanya (questioning) masyarakat belajar (learning community) pemodelan (modeling) refleksi (reflection) dan penilaian autentik (authentic assessment). (3) kendala yang terjadi dalam pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PKn di MAN MALANG II Batu adalah waktu guru karakter siswa dan referensi. (4) upaya mengatasi kendala yang dihadapi dalam pembelajaran adalah guru berusaha untuk mencari waktu lain untuk materi yang belum dapat dilaksanakan secara maksimal agar materi tersebut bisa terlaksana dan guru bisa mengikuti pendidikan nonformal seperti workshop seminar atau lokakarya yang masih berhubungan dengan pengembangan pembelajaran guru harus memikirkan pembelajaran yang lebih efektif lebih mengaktifkan siswa dan yang terpenting adalah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta membuat siswa lebih nyaman bukan pembelajaran yang konvensional. Untuk mengatasinya keterbatasan referensi yaitu guru memberi tahu bahwa referensi bukan hanya ada di buku saja tetapi bisa mencari bahan dari internet atau media cetak ataupun elektronik untuk kelangsungan pembelajaran sehingga siswa tidak terpaku pada buku yang tedapat di perpustakaan yang jumlahnya terbatas. (5) prospektif pelaksanaan pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran PKn di MAN MALANG II Batu adalah pembelajaran ini sangat bagus dan Guru sangat mengharapkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat dilaksanakan semaksimal mungkin dengan dibantu oleh sekolah dalam artian sekolah mencukupi segala sarana dan prasarana serta mengadakan pelatihan untuk cara pengoperasiannya sehingga pelajaran dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan penelitian ini maka ada beberapa saran yaitu Agar tujuan pembelajaran di sekolah guru hendaknya menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan variasi model pembelajaran. Guru juga harus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dengan cara belajar mandiri dan mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan serta mengubah pola budaya mengajar yang masih tergolong konvensional. Untuk mengatasi masalah pada pembelajaran maka guru diharuskan bisa mengatasi kendala-kendala tersebut. Agar kendalakendala yang terjadi dalam pembelajaran bisa teratasi maka guru harus melakukan evaluasi diri untuk memperoleh hasil pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51672

Actions (login required)

View Item View Item