Proses pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran PKn pada siswa di SMP Negeri 8 Malang / Eki Dian Ariesta - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran PKn pada siswa di SMP Negeri 8 Malang / Eki Dian Ariesta

Ariesta, Eki Dian (2012) Proses pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran PKn pada siswa di SMP Negeri 8 Malang / Eki Dian Ariesta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci nilai-nilai pendidikan karakter bangsa pembelajaran Pada era globalisasi ini dunia pendidikan tidak cukup hanya memberi pengetahuan namun juga harus membentuk dan membangun karakter yang kuat pada setiap peserta didik untuk mampu mengembangkan potensi diri dan menemukan tujuan hidupnya. Pendidikan Kewarganegaraan sebagai salah satu mata pelajaran yang menjadi media pengembangan dan pembentukan karakter bangsa yang paling urgensi tentu harus berbenah diri agar masa depan anak-anak penerus bangsa tidak semakin terpuruk ke dalam lembah degradasi moral yang semakin dalam. Salah satu upayanya yaitu melalui upaya guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam mewujudkan visi Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk warga negara yang baik yakni warga negara yang sanggup melaksanakan hak dan kewajibannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter bangsa ke dalam mata pelajaran PKn di SMP Negeri 8 Malang (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran nilai-nilai pendidikan karakter bangsa yang telah terintegrasi ke dalam mata pelajaran PKn di SMP Negeri 8 Malang (3) mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru PKn baik dalam proses pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter bangsa maupun dalam pelaksanaan pembelajaran PKn di SMP Negeri 8 Malang dan (4) mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mangatasi hambatan dalam proses pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter bangsa maupun dalam pelaksanaan pembelajaran PKn di SMP Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter bangsa dalam mata pelajaran PKn yaitu pada perencanaan pembelajaran. Tahap pertama pada perencanaan yaitu menyusun silabus yang berkarakter dengan prosedur sebagai berikut (1) menentukan nilai-nilai karakter yang akan diintegrasikan dengan menyesuaikan pokok materi pembelajaran yang cocok dengan SK/KD (2) mengembangkan nilai-nilai karakter melalui indikator pengalaman belajar dan teknik penilaiannya dan (3) menambahkan kolom nilai-nilai karakter. Selanjutnya pada tahap kedua perencanaan yaitu menyusun RPP berkarakter dengan prosedur sebagai berikut (1) menyusun dan membuat RPP guru mengacu pada silabus sehingga guru mengetahui bagian mana saja pada silabus yang akan dikembangkan dan nilai-nilai karakter mana saja yang akan diintegrasikan pada RPP dan (2) mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dan menjabarkan dalam indikator tujuan pembelajaran langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan evaluasinya. Tahap perencanaan yang ketiga yaitu pengembangan bahan ajar yang disesuaikan dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang diharapkan oleh guru karena bahan ajar merupakan komponen terpenting yang berpengaruh dalam pelaksanaan pembelajaran. Proses pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter pada bahan ajar yang digunakan di SMP Negeri 8 Malang adalah guru mengembangkan bahan ajar yang akan dipakai dalam pelaksanaan pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran yang terintegrasi nilai-nilai pendidikan karakter di kelas terdiri dari tiga kegiatan yaitu (1) kegiatan pendahuluan (2) kegiatan inti (3) dan kegiatan penutup. Sedangkan pada tahap penilaian dalam pembelajaran PKn yang sudah terintegrasi nilai-nilai pendidikan karakter bangsa di SMP Negeri 8 Malang terdapat empat bentuk penilaian yaitu (1) Penilaian sumatif yaitu ujian tulis melalui ulangan harian dan UTS (2) Penilaian formatif dalam bentuk diskusi kelompok atau tes lisan (3) Penilaian pengembangan diri dan (4) Penilaian kepribadian Hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran PKn yang telah terintegrasi ke dalam mata pelajaran PKn yang dihadapi oleh guru PKn di SMP Negeri 8 Malang adalah (1) Guru terkadang kewalahan dengan siswa yang tidak tertib dan kurang memperhatikan dapat mengganggu pelaksanaan pembelajaran yang dapat mempengaruhi nilai-nilai karakter yang sudah terintegrasi dalam mata pelajaran PKn tidak dapat tersampaikan dengan baik dan (2) Guru mengalami hambatan pada jam pelajaran PKn yang hanya 1x pertemuan dalam seminggu yang tidak sebanding dengan banyaknya materi PKn yang harus disampaikan. Upaya guru mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran PKn yang telah terintegrasi nilai-nilai pendidikan karakter bangsa adalah dengan cara (1) Guru memperingatkan siswa ketika siswa ramai dan kurang memperhatikan akan dikenakan poin yang terdapat pada buku tatib siswa dan mengingatkan pada catur setia bakti siswa dan (2) guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah untuk mengatasi jam pelajaran yang terbatas. Berdasarkan hasil temuan penelitian tersebut peneliti memberi beberapa saran kepada guru PKn sebagai berikut (1) Guru PKn sebaiknya mempelajari psikologi pendidikan agar guru dapat memahami kondisi siswa sehingga guru dapat mengatasi siswa ketika ramai dan tidak memperhatikan pelajaran walaupun siswa di kelas dalam jumlah lebih dari 32 siswa (2) Guru PKn hendaknya menstimulus siswa dalam diskusi agar mereka aktif bertanya dan menanggapi sehingga diskusi dapat berjalan dengan baik (3) Guru PKn lebih kreatif dan inovatif dalam merancang metode dan media pembelajaran melalui silabus RPP dan bahan ajar sehingga dapat memunculkan nilai-nilai karakter pada indikator pencapaian kompetensi (4) Guru PKn seyogyanya bisa memanajemen waktu dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga materi dapat tersampaikan dengan tepat waktu (5) Guru diharapkan lebih sering memberi semangat dan motivasi kepada siswa sehingga siswa tidak merasa jenuh dan bosan ketika mengikuti proses pembelajaran (6) Guru sebaiknya mengikuti perkembangan perilaku siswa agar dapat mengetahui proses penginternalisasian nilai-nilai pendidikan karakter bangsa pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51652

Actions (login required)

View Item View Item