Putri, Dewinta Inggrid Firstlia (2012) Penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan Positive Character Camp (PCC) di SMA Negeri 4 Malang / Dewinta Inggrid Firstlia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci penerapan pendidikan karakter Positive Character Camp Perilaku negatif siswa yang meningkat berbanding lurus dengan degradasi karakter dalam dunia pendidikan hal ini dikhawatirkan berdampak pada krisis identitas bagi siswa yang mendorong SMA Negeri 4 Malang berupaya untuk mewujudkan karakter siswa sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 dan Permendiknas Nomor 78 Tahun 2009 tentang Sekolah Bertaraf Internasional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) latar dan tujuan program Positive Character Camp (PCC) di SMA Negeri 4 Malang (2) rancangan program Positive Character Camp (PCC) di SMA Negeri 4 Malang (3) pelaksanaan program Positive Character Camp (PCC) di SMA Negeri 4 Malang (4) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Positive Character Camp (PCC) di SMA Negeri 4 Malang (5) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan Positive Character Camp (PCC) di SMA Negeri 4 Malang. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Malang mulai bulan Februari sampai April. Metode yang digunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian ex post facto. Sehingga teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mengenai kejadian yang telah terjadi dan pengumpulan dokumentasi yang telah tersedia. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dengan memperpanjang waktu pengamatan dan perpanjangan keikutsertaan sehingga memungkinkan peningkatan derajat kepercayaan data yang diperoleh. Triangulasi dalam penelitian ini adalah sumber dan data yaitu dilakukan dengan mengecek kebenaran data dan membandingkan data tersebut dengan data dari sumber lain. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) latar belakang program Positive Character Camp (PCC) berawal dari terjadinya degradasi karakter dalam dunia pendidikan yang dikhawatirkan berdampak pada krisis identitas siswa sehingga sekolah berupaya melangsungkan pendidikan karakter yang tidak terpusat pada teori saja namun juga pada penerapan yang tercantum dalam RPJPN 2005-2025 mengenai terwujudnya karakter bangsa yang tidak dapat dikesampingkan sesuai dengan Permendiknas Nomor 78 Tahun 2009 tentang SBI (2) perencanaan Positive Character Camp (PCC) dilakukan melalui tahap pengajuan proposal ke Kepala Sekolah menyusun struktur organisasi pengadaan kerjasama dengan Matahati Children Care penentuan lokasi penyusunan substansi kegiatan dan jadwal sosialisasi kepada orangtua siswa dan penysusunan teknis kegiatan (3) pelaksanaan Positive Character Camp (PCC) diikuti oleh seluruh siswa dan guru SMA Negeri 4 Malang dengan dilakukan setiap dua minggu sekali dan pemberangkatan dilakukan bertahap sebanyak dua kelas pelaksanaan program merupakan wujud dari penerapan nilai-nilai pengembangan karakter yang dicantumkan dalam setiap substansi kegiatan yang telah direncanakan. Pelaksanaan dilakukan di tiga lokasi berbeda selama tujuh kali pemberangkatan lokasinya yaitu Desa Bedengan Kecamatan Dau Desa Durmo Kecamatan Bantur dan Kecamatan Tajinan (4) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program Positive Character Camp (PCC) diantaranya sulitnya alat transportasi yaitu truk masuk ke lokasi kegiatan karena kondisi jalan masih kurang baik kurangnya bahan makanan yang dibawa ke lokasi merupakan permasalahan pada logistik dan cuaca yang buruk yang dapat menghambat pelaksanaan kegiatan (5) upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang dihadapi diantaranya menyewa truk TNI yang dianggap mampu melewati jalan yang sempit dan kondisi jalan kurang baik kendala logistik diatasi dengan menyiapkan bahan makanan lebih dari yang diperhitungkan dan cuaca diatasi dengan upaya melakukan doa bersama sambil bersugesti agar cuaca kembali baik selama pelaksanaan program. Saran yang dapat diberikan diantaranya (1) agar hasil dari program dapat berlangsung secara kontinyu Kepala Sekolah hendaknya menjadikan program ini sebagai program rutin di awal tahun ajaran dan terus melakukan pemantauan serta peningkatan pada seluruh proses mulai dari perencanaan hingga pengontrolan/ pengevaluasian pasca program (2) agar nilai pengembangan karakter dapat tertanam dalam diri siswa secara terus menerus guru sebaiknya lebih memaksimalkan profesionalitasnya dalam mengajarkan pendidikan karakter dengan menjadi model bagi siswanya (3) agar penerapan pendidikan karakter dapat terus dikembangkan Ketua Jurusan seyogyanya lebih memperbanyak pengembangan ilmu dengan mengadakan sosialisasi tentang penerapan pendidikan karakter dalam bentuk pendidikan dan pelatihan juga seminar yang berhubungan dengan bagaimana cara untuk mengelola suatu program yang baik khususnya kepada sekolah-sekolah (4) agar dapat mengetahui lebih banyak proses penerapan pendidikan karakter di sekolah-sekolah lain hendaknya peneliti lain disarankan melakukan penelitian pengembangan dengan memperdalam topik dan permasalahan dan kajian teori.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51629 |
Actions (login required)
View Item |