Upaya guru dalam mengelola kelas pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 13 Malang / Khristyan Arie Yuwoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya guru dalam mengelola kelas pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 13 Malang / Khristyan Arie Yuwoko

Yuwoko, Khristyan Arie (2011) Upaya guru dalam mengelola kelas pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 13 Malang / Khristyan Arie Yuwoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengelolaan Kelas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pada proses belajar Pendidikan Kewarganegaraan terjadi aktifitas pembelajaran dimana peran guru sangat penting. Guru dan siswa berinteraksi dan berpadu dalam menciptakan suasana belajar yang efektif. Guru memotifasi siswa agar belajar dengan baik. Untuk itu kelas harus dikelola secara profesional agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kondisi belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 13 Malang (2) bagaimana upaya guru dalam mengelola kelas di SMP Negeri 13 Malang pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (3) apa saja hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 13 Malang (4) apa upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam mengelola kelas pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 13 Malang. Dengan tujuan penelitian ingin memperoleh informasi tentang (1) keinginan peneliti untuk mengadakan penelitian tentang upaya guru dalam mengelola kelas (2) mengetahui kondisi pengelolaan kelas di SMP Negeri 13 Malang. Sedangkan penelitian ini difokuskan pada upaya guru dalam mengelola kelas pada pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 13 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan alasan peneliti tidak melakukan hipotesis. Subyek penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan dan sebagian siswa SMP Negeri 13 Malang untuk keperluan penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi mendalam wawancara dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik keikutsertaan di lapangan dalam rentang waktu yang panjang ketekunan pengamatan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian Upaya Guru dalam Mengelola Kelas pada Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 13 Malang dapat dikatakan baik. Hal ini terlihat dari usaha guru dalam mengatur kegiatan belajar dan mengajar sehingga terwujud suasana yang efektif dan menyenangkan serta memotivasi siswa untuk belajar dengan baik. Faktor yang menghambat guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah masalah siswa dan fasilitas. Masalah siswa yaitu kekurang sadaran siswa dalam memenuhi tugas dan haknya di kelas/ di sekolah. Sedangkan masalah fasilitas adalah minimnya alat peraga sebagai media dalam pembelajaran. Cara mengatasi masalah tersebut adalah guru memberikan penjelasan dan kesadaran pada siswa tentang hak kewajiban dan keharusan menghormati orang lain yaitu teman sekelasnya. Siswa harus sadar bahwa kalau mengganggu temannya yang sedang belajar berarti tidak melaksanakan kewajiban sebagai masyarakat kelas dan tidak menghormati hak siswa lain untuk mendapatkan manfaat dari kegiatan belajar dan mengajar. Untuk ketersediaan alat peraga yang belum lengkap guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat alat-alat sederhana yang dapat digunakan sebagai peraga dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Saran yang diberikan penulis yaitu sebaiknya siswa memperhatikan dan tidak membuat ramai pada saat proses pembelajaran berlangsung agar suasana pembelajaran dapat diciptakan sedemikian rupa untuk menciptakan kelas sihingga dapat mewujudkan masyarakat belajar. Sekolah hendaknya melengkapi atas kurangnya fasilitas belajar pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan demi terciptanya pembelajaran yang efektif dan efisien. Guru dan siswa seyogyanya dapat menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif yang merupakan salah satu cara terciptanya hubungan interpersonal yang baik antara guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51597

Actions (login required)

View Item View Item