Hubungan antara kebiasaan belajar dan fasilitas belajar siswa dengan prestasi belajar PKn di SMP Negeri 13 Malang / Lailatul Badriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kebiasaan belajar dan fasilitas belajar siswa dengan prestasi belajar PKn di SMP Negeri 13 Malang / Lailatul Badriyah

Badriyah, Lailatul (2011) Hubungan antara kebiasaan belajar dan fasilitas belajar siswa dengan prestasi belajar PKn di SMP Negeri 13 Malang / Lailatul Badriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kebiasaan Belajar Fasilitas Belajar Prestasi Belajar PKn Salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia dapat dilakukan dengan meningkatkan mutu pendidikan. Kegiatan belajar merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pendidikan. Berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan ini amat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa baik ketika ia berada di sekolah maupun di lingkungan rumah atau keluarganya sendiri. Prestasi belajar merupakan salah satu indikator untuk menentukan kualitas pendidikan. Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang menggambarkan kemampuan yang dimiliki oleh siswa dalam menguasai sejumlah mata pelajaran diantaranya ialah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Di dalam proses belajar siswa terdapat banyak faktor yang mempengaruhi. Salah satu faktor intern yang mempengaruhi proses belajar ialah kebiasaan belajar kebiasaan belajar merupakan masalah intern dalam proses belajar siswa untuk belajar dengan baik siswa harus mengatasi masalah tersebut. Faktor yang tak kalah pentingnya untuk dipahami ialah sarana dan prasarana pencapai tujuan belajar misalnya perlengkapan belajar alat praktikum buku teks pelajaran dan sebagainya. Kebiasaan belajar dan prasarana sarana belajar siswa memiliki peran yang sangat penting dalam proses belajar PKn siswa. Sebagaimana kita ketahui proses belajar yang dilakukan oleh siswa akan mempengaruhi hasil belajar atau prestasi belajar PKn siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kebiasaan belajar PKn siswa SMP Negeri 13 Malang (2) mendeskripsikan fasilitas belajar PKn siswa SMP Negeri 13 Malang (3) mendeskripsikan prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri 13 Malang (4) menjelaskan hubungan antara kebiasaan belajar PKn siswa dengan prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri 13 Malang (5) menjelaskan hubungan antara fasilitas belajar PKn siswa dengan prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri 13 Malang (6) menjelaskan hubungan antara kebiasaan belajar dan fasilitas belajar PKn siswa dengan prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri 13 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Lokasi penelitian di SMP Negeri 13 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 13 Malang kelas VII dan VIII Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 622 siswa dengan sampel siswa sebanyak 62 (10%). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 13 Malang dan dokumen. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial (analisis korelasi). Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Kebiasaan belajar siswa SMP Negeri 13 Malang. Sebesar 13% atau 8 siswa memiliki kebiasaan belajar dalam kategori baik sebesar 84% atau 52 siswa memiliki kebiasaan belajar dalam kategori cukup sebesar 3% atau 2 siswa memiliki kebiasaan belajar dalam kategori kurang dan 0% atau 0 siswa memiliki kebiasaan belajar dalam kategori sangat kurang (2) Fasilitas belajar siswa SMP Negeri 13 Malang. Sebesar 79% atau 49 siswa memiliki fasilitas belajar dalam kategori baik sebesar 21% atau 13 siswa memiliki fasilitas belajar dalam kategori cukup sebesar 0% atau 0 siswa memiliki fasilitas belajar dalam kategori kurang sebesar 0% atau 0 siswa memiliki fasilitas belajar dalam kategori sangat kurang (3) Prestasi Belajar PKn Siswa SMP Negeri 13 Malang Tahun Pelajaran 2010/2011. Sebesar 1 61% atau 1 siswa memiliki prestasi belajar PKn yang baik sebesar 91 93% atau 57 siswa memiliki prestasi belajar PKn yang cukup sebesar 6 46% atau 4 siswa memiliki prestasi belajar yang kurang dan 0% atau 0 siswa memiliki prestasi belajar yang sangat kurang (4) Terdapat hubungan (korelasi) yang signifikan antara kebiasaan belajar siswa dengan prestasi belajar PKn siswa dengan korelasi sebesar 0 554 dengan taraf signifikan 0 003 besarnya probabilitas 0 003

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51590

Actions (login required)

View Item View Item