Ketersediaan akses bagi masyarakat yang kurang mampu untuk memperoleh pendidikan di SMPN 18 Kota Malang / Lucy Rosminingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Ketersediaan akses bagi masyarakat yang kurang mampu untuk memperoleh pendidikan di SMPN 18 Kota Malang / Lucy Rosminingrum

Rosminingrum, Lucy (2011) Ketersediaan akses bagi masyarakat yang kurang mampu untuk memperoleh pendidikan di SMPN 18 Kota Malang / Lucy Rosminingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci akses pendidikan masyarakat yang kurang mampu Pada masyarakat yang kurang mampu mendapatkan akses untuk memperoleh pendidikan sangat penting. Akses tersebut akan membantu masyarakat yang kurang mampu sehingga dapat melanjutkan pendidikan tanpa dibebani masalah biaya. Sekolah sebagai tempat menimba ilmu wajib menerima setiap masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan baik masyarakat yang mampu maupun masyarakat yang kurang mampu. Sehingga bagi masyarakat yang kurang mampu tetap bisa bersekolah dengan tersedianya akses yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kebijakan SMPN 18 Malang untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dalam memperoleh pendidikan (2) bentuk akses yang ada di SMPN 18 Malang dalam membantu masyarakat yang kurang mampu (3) realisasi SMPN 18 Malang guna membantu masyarakat yang kurang mampu terhadap akses pendidikan (4) kendala yang dihadapi SMPN 18 Malang dalam mnyediakan akses pendidikan bagi masyarakat yang kurang mampu dan (5) cara mengatasi yang dilakukan SMPN 18 Malang terhadap kendala yang ada. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tahapan pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara studi dokumen dan observasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) kebijakan SMPN 18 Malang untuk membantu siswa yang kurang mampu yaitu a) menggratiskan biaya pendidikan bagi siswa yang kurang mampu melalui BOS b) Pemberian Beasiswa c) Pembebasan SBPP dan d) BASIS untuk membantu memenuhi kebutuhan sekolah bagi siswa yang kurang mampu. (2) bentuk akses dalam memperoleh pendidikan bagi masyarakat yang kurang mampu di SMP Negeri 18 Malang terdapat 4 macam yaitu a) menggratiskan biaya pendidikan bagi siswa yang kurang mampu melalui BOS b) Pemberian Beasiswa c) Pembebasan Sumbangan Pengembangan Pendidikan d) Bantuan Siswa. (3) empat macam bentuk akses yang dimiliki SMP Negeri 18 Malang terbukti dapat membantu masyarakat yang kurang mampu untuk melanjutkan sekolah dan tetap memperoleh pendidikan walaupun mereka tidak mampu dalam membayar biaya pendidikan. (4) kendala yang dialami SMP Negeri 18 Malang dalam menyediakan akses tersebut yaitu a) sekolah suka terlambat dalam mendapatkan dana BOS b) beasiswa tidak rutin ada c) pengembangan pendidikan di sekolah menjadi terhambat dan d) sekolah sedikit kesulitan dalam mengetahui masyarakat mana yang tergolong mampu dan masyarakat mana yang tergolong kurang mampu. (5) Kemudian solusi untuk mengatasi kendala yang ada yaitu a) bendahara sekolah akan lebih tepat waktu dalam membuat laporan untuk mencairkan dana BOS b) sekolah akan menggunakan akses lain walaupun tidak ada beasiswa sehingga siswa tetap etrbantu c) dana yang dimiliki sekolah lebih diutamakan dikeluarkan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu d) sekolah melakukan home visit agar tidak mengalami kecurigaan. Dari hasil penelitian ini saran-saran yang diajukan yaitu (1) Bagi Pemerintah hendaknya lebih mengoptimalkan kebijakan mengenai akses pendidikan bagi masyarakat yang kurang mampu. (2) Bagi Dinas Pendidikan hendaknya lebih memperhatikan kepada masyarakat yang kurang mampu agar mereka tetap dapat melanjutkan pendidikan dengan cara mendukun akses-akses yang ada di sekolah. (3) Bagi sekolah hendaknya tetap memberikan akses bagi masyarakat yang kurang mampu untuk memperoleh pendidikan dan tidak mengeluarkan masyarakat yang tidak mampu membayar biaya pendidikan. (4) Bagi masyarakat hendaknya menyadari bahwa pendidikan itu sangat penting sehingga akan berkurangnya jumlah anak yang putus sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51586

Actions (login required)

View Item View Item