Purnamasari, Nurna Listya (2011) Pelestarian nilai-nilai budaya melalui kegiatan ekstrakurikuler kesenian reyog Tulungagung di SMPN 1 Kauman Tulungagung / Nurna Listya Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pelestarian Nilai-Nilai budaya Ekstrakulikuler Reyog Tulungagung Reyog Kendang atau Reyog Tulungagung sebagai salah satu aset kebudayaan daerah Tulungagung perlu dilestarikan pada generasi muda terutama siswa yang sedang mengalami kegiatan belajar di sekolahnya. Untuk merealisasi hal itu SMPN 1 Kauman memasukkan kesenian Reyog Kendang sebagai program Ekstarkulikuler. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari himbauan bupati Tulungagung bahwa Reyog Kendang atau Reyog Tulungagung harus dilestarikan agar budaya bangsa dapat diketahui oleh generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan (1) proses penyelenggaraan program ekstrakulikuler Reyog kendang atau Reyog Tulungagung di SMPN 1 Kauman (2) proses pelaksanaan program ekstrakulikuler Reyog kendang atau Reyog Tulungagung di SMPN 1 Kauman (3) nilai-nilai budaya yang terkandung pada ekstrakulikuler Reyog Kendang atau Reyog Tulungagung di SMPN 1 Kauman (4) proses pelestarian nilai-nilai budaya melalui kegiatan ekstrakulikuler Reyog kendang atau Reyog Tulungagung di SMPN 1 Kauman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Observasi untuk mengamati langsung segala macam gejala sosial yang ada baik proses situasi kondisi dan aktivitas dari yang di teliti. Wawancara untuk mengetahui dan menjawab segala permasalah yang sedang diteliti oleh peneliti. Dokumentasi untuk mendokumentasikan sebagai bukti peneliti dan pendukung hasil penelitian. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) Kegiatan Ekstrakulikuler Reyog Kendang atau Reyog Tulungagung direncanakan tujuannya untuk menjaga kelestarian kebudayaan kesenian Indonesia untuk mengenalkan kepada siswa pada kesenian Reyog Tulungagung atau Reyog Kendang untuk mengasah bakat yang ada pada diri siswa agar siswa dapat mempelajari sekaligus mendalami gerakan dari Reyog Kendang atau Reyog Tulungagung siswa juga dapat memetik makna dari setiap gerakan dari Reyog Kendang atau Reyog Tulungagung sehingga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari kegiatan dierencanakan dengan struktur program dan agenda yang jelas penetapan pelatih penjadwalan dan juga perijinan (2) Pelaksanaan Ekstrakulikuler Reyog Kendang atau Reyog Tulungagung di SMPN 1 Kauman dilaksanakan secara rutin setiap hari sabtu sehabis pulang sekolah dan hari minggu pukul 08.00-11.00 WIB. Pada pelaksanaan Ekstrakulikuler Reyog Kendang atau Reyog Tulungagung diawali dengan pemanasan berupa senam dan dilanjutkan dengan latihan gerakan diiringi dengan gending kemudian diakhiri dengan doa (3) Nilai-nilai budaya yang terkandung pada Ekstrakulikuler Reyog Kendang atau Reyog Tulungagung di SMPN 1 Kauman antara lain sebagai berikut (a)Nilai Religius Nampak pada kegiatan doa (b) Nilai kerjasama tampak pada saat siswa melakukan persiapan untuk latihan (c) Nilai kebersamaan tampak pada saat latihan (d) Nilai kedisiplinan tampak pad ketepatan waktu latihan (e) Nilai kesopanan tampak pada ucapan dan bersalaman saat datang selama latihan dan selesai latihan (4) Proses pelestarian Kesenian Reyog Kendang atau Reyog Tulungagung terintregasi dengan makna simbol setiap gerakan tari Reyog Kendang atau Reyog Tulungagung mulai gerakan dasar menggambarkan nilai persatuan gerakan menthokan menggambarkan nilai penghormatan gerakan kejang symbol nilai kehidupan gerakan patettan menggambarkan nilai penghormatan gerakan lilingan menggambarkan nilai kehidupan gerak ngungak sumur menggambarkan nilai kehidupan gerak midak kecik menggambarkan nilai kehidupan gerak andul menggambarkan nilai kehidupan gerakan gejoh bumi menggambarkan nilai religius gerak sundangan menggambarkan nilai religius gerak gembyangan menggambarkan nilai kehidupan gerak baris(gerak terakhir) menggambarkan nilai religius.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51575 |
Actions (login required)
View Item |