Pembelajaran berbasis IT untuk mningkatkan prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri 1 Bojonegoro / Nurul Lailatus Syoiva - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran berbasis IT untuk mningkatkan prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri 1 Bojonegoro / Nurul Lailatus Syoiva

Syoiva, Nurul Lailatus (2010) Pembelajaran berbasis IT untuk mningkatkan prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri 1 Bojonegoro / Nurul Lailatus Syoiva. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Berbasis IT Prestasi Belajar. Banyaknya penemuan-penemuan baru dalam bidang ilmu dan teknologi telah membawa pengaruh yang sangat besar dalam bidang pendidikan. Kemajuan teknologi telah memberikan sumbangan positif dalam dunia pendidikan sehingga mendorong berbagai usaha pembaharuan. Maka pentingnya penerapan pembelajaran yang tepat sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi dengan semua sarana dan prasarana pendidikan yang ada serba canggih yaitu dengan menerapkan pembelajaran berbasis IT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan pembelajaran berbasis IT dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bojonegoro (2) faktor-faktor yang mendorong dalam pembelajaran berbasis IT pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bojonegoro (3) faktor-faktor yang menghambat dalam pembelajaran berbasis IT pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bojonegoro dan (4) potensi pembelajaran berbasis IT untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa di SMP Negeri 1 Bojonegoro. Penelitian tentang penerapan pembelajaran berbasis IT untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa di SMP Negeri 1 Bojonegoro ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah guru dan para siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dengan reduksi data penyajian data dan Verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) berdasarkan PERMENDIKNAS No. 41 tahun 2007 pembelajaran berbasis IT di SMP Negeri 1 Bojonegoro sudah berjalan baik namun penggunaan media IT dalam proses belajar mengajar belum maksimal (2) faktor yang mendorong dalam pembelajaran berbasis IT adalah guru dan siswa memiliki kemampuan yang baik dalam memanfaatkan media IT sarana dan prasarana menunjang dilaksanakannnya pembelajaran berbasis IT serta tersedianya teknisi komputer yang membantu kelancaran proses pembelajaran berbasis IT (3) faktor yang menghambat dalam pembelajaran berbasis IT adalah perbedaan perlakuan siswa antara kelas reguler dan RSBI serta adanya keterbatasan waktu (4) pembelajaran berbasis IT dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri 1 Bojonegoro sebesar 15% dari nilai rata-rata sebelum dilaksanakannnya pembelajaran berbasis IT. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar (1) sekolah dapat memberikan peran secara optimal demi kelancaran proses pembelajaran berbasis IT (2) bagi guru PKn dalam menerapkan pembelajaran berbasis IT sebaiknya menggunakan media IT secara maksimal supaya pembelajaran berbasis IT dapat berjalan maksimal (3) bagi siswa diharapkan dapat berperan lebih aktif dan saling bekerja sama agar pembelajaran berbasis IT dapat berjalan optimal tanpa adanya kesenjangan antara siswa yang satu dengan yang lain (4) bagi jurusan Hukum dan Kewarganegaraan diharapkan dapat memberikan pelatihan pembelajaran berbasis IT pada mata pelajaran PKn sehingga guru dapat melaksanakan dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51514

Actions (login required)

View Item View Item