Hubungan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar PKN pada siswa SMP Negeri 17 Malang / Bimma Rindra Mahindra - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar PKN pada siswa SMP Negeri 17 Malang / Bimma Rindra Mahindra

Mahindra, Bimma Rindra (2010) Hubungan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar PKN pada siswa SMP Negeri 17 Malang / Bimma Rindra Mahindra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahindra Bimma Rindra. 2009. Hubungan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar PKn Pada Siswa SMP Negeri 17 Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Yayik Sayekti SH M.Hum (2) Dra. Sri Untari M.Si Kata Kunci Keaktifan belajar siswa prestasi belajar PKn Keaktifan belajar merupakan salah satu dari banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Untuk mengetahui hubungan antara keeaktifan belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 17 Malang maka dilakukan penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menjelaskan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 17 Malang tahun ajaran 2008-2009 (2) mendeskripsikan prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri 17 Malang (3) mengetahui hubungan antara keaktifan belajar siswa dengan prestasi belajar PKn pada siswa SMP Negeri 17 Malang. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Malang. Variabel bebas dalam penelitian ini keaktifan belajar siswa (X) sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar PKn (Y). Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Subyek penelitian ini adalah siswa siswi SMP Negeri 17 Malang pada semester 1 tahun pelajaran 2008/2009. Populasi penelitian ini berjumlah 756 siswa dan sampel berjumlah 100 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proporsional Random Sampling teknik acak yang memanfaatkan subjek-subjek yang ada/ tersedia sebatas yang ditemukan oleh peneliti tanpa rencana terlebih dulu mengenai sample yang diambil itu. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis korelasional. Keseluruhan analisis ini menggunakan bantuan program SPSS 15.0 for Windows. Berdasarkan distribusi frekuensi rata-rata nilai rapor siswa kelas VII VIII dan IX dapat dilihat bahwa prestasi pelajaran PKn siswa dapat dikatakan baik secara keseluruhan. Dari jawaban responden yang menjawab kuesioner/ angket ternyata penyikapan siswa SMP Negeri 17 Malang pada pelajaran PKn biasa-biasa saja atau dalam hal ini dapat dikatakan cukup mendukung dalam pembelajaran PKn. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui prosentase tertinggi keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn berdasarkan tempat belajar yaitu sebesar 51% sedangkan prosentase keaktifan belajar terendah yaitu kekatifan belajar berdasarkan waktu yaitu sebesar 0%. Dari data tersebut maka keaktifan belajar siswa SMP Negeri 17 Malang dapat dikatakan Baik. Berdasarkan data yang diperoleh untuk Prestasi belajar PKn rata-rata mencapai 7.79% sehingga dapat pula dikatakan bahwa prestasi belajar PKn di SMP Negeri 17 Malang adalah Baik. Dari data yang dipaparkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel maka dapat disimpulkan bahwa Ha yang berbunyi terdapat hubungan positif yang signifikan antara keaktifan belajar pada mata pelajaran PKn terhadap prestasi belajar PKn diterima. Penelitian ini dapat disimpulkan (1) Berdasarkan data hasil penelitian keaktifan belajar siswa SMP Negeri 17 Malang menunjukkan bahwa sebanyak 5 siswa (5%) siswa keaktifan belajar yang di miliki adalah sangat baik sebanyak 43 siswa (43%) memiliki keaktifan belajar yang baik 40 siswa (40%) kurang baik dalam keaktifan belajar 11 siswa (11%) menyatakan tidak baik dalam keaktifan belajar dan 1 siswa (1%) berada pada klasifikasi sangat tidak baik. Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 17 Malang memiliki keaktifan belajar yang baik (2) Hasil kesimpulan analisis prestasi belajar pada penelitian ini yang diambil dari dokumentasi raport siswa yang diukur menggunakan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2008/2009 diperoleh prosentase sebanyak 69 00 (69%) dari 69 siswa berada pada kriteria baik sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar PKn siswa SMPN 17 Malang adalah baik (3) Dengan nilai probabilitas 0 05 yakni 0 00 dan rhitung (0 762) rtabel (0 195) maka Ho ditolak dan Hi diterima. Artinya ada hubungan positif (0 762) dan kuat (karena 0 5) antara variabel Keaktifan Belajar Siswa (X) dan Prestasi Belajar PKn (Y). Semakin tinggi Keaktifan Belajar Siswa (X) maka Prestasi Belajar PKn (Y) akan semakin tinggi pula. Berdasarkan simpulan di atas maka dikemukakan saran sebagai berikut (1) Bagi lembaga sekolah hendaknya kepala sekolah membuat kebijaksanaan untuk selalu menjaga hubungan komunikasi yang baik dengan orang tua/ wali. (2) Bagi guru hendaknya tidak hanya berfungsi sebagai penyampai materi pelajaran saja tetapi juga memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswanya hal ini dimaksudkan agar penyikapan siswa terhadap pelajaran PKn lebih baik lagi. (3) Bagi peneliti selanjutnya peneliti sebaiknya menggunakan prosentase sample yang lebih banyak agar data yang diperoleh lebih representative

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51475

Actions (login required)

View Item View Item