Pemanfatan buku teks dalam pembelajaran PKn Di SMA Negeri I Kepanjen / Handayani Dwi Nuraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfatan buku teks dalam pembelajaran PKn Di SMA Negeri I Kepanjen / Handayani Dwi Nuraini

Nuraini, Handayani Dwi (2009) Pemanfatan buku teks dalam pembelajaran PKn Di SMA Negeri I Kepanjen / Handayani Dwi Nuraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Buku teks merupakan buku acuan wajib untuk digunakan di satuan pendidikan dasar dan menengah atau perguruan tinggi yang memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan ketaqwaan akhlak mulia dan kepribadian penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi peningkatan kepekaan dan kemampuan estetis peningkatan kemampuan kinestetis. Pemanfaatan buku teks di SMA Negeri I Kepanjen tidak hanya dilakukan oleh guru tetapi juga dilakukan oleh siswa dalam pembelajaran PKn. Untuk peningkatan mutu proses pendidikan salah satu aspek yang perlu diadakan yaitu pemanfaatan buku teks yang baik dengan cara pengadaan buku teks yang bermutu dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi buku teks yang digunakan dalam pembelajaran PKn di SMA Negeri I Kepanjen cara memanfaatkan buku teks dalam pembelajaran PKn di SMA Negeri I Kepanjen serta kesulitan dan kemudahan yang dihadapi oleh guru PKn dan para siswa dalam memanfaatkan buku teks PKn. Berdasarkan tujuan tersebut diatas pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan sumber data dibedakan menjadi dua yaitu sumber data manusia dan sumber data non manusia (dokumen). Penentuan informan penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tiga metode yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan meliputi tiga unsur yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Untuk menjamin keabsahan data dilakukan dengan menggunakan empat teknik yaitu perpanjangan kehadiran peneliti ketekunan pengamatan triangulasi (sumber metode teknik) dan pemeriksaan sejawat. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pertama kondisi buku teks yang digunakan dalam pembelajaran PKn di SMA Negeri I Kepanjen sudah dapat dikatakan baik dan telah sesuai dengan mutu buku teks pelajaran yang berstandar nasional. Sebab kondisi buku teks yang digunakan didasarkan pada kualitas dan kuantitas buku teks tersebut. Kedua cara memanfaatkan buku teks dalam pembelajaran PKn di SMA Negeri I Kepanjen telah dilaksanakan dengan baik oleh guru maupun siswa sehingga dapat membantu kelancaran dan keberhasilan proses belajar mengajar serta mempermudah siswa mengikuti proses belajar mengajar PKn di kelas. Ketiga kesulitan yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam memanfaatkan buku teks PKn adalah masalah harga buku yang relatif mahal dan kurang memadainya buku teks PKn yang ada di perpustakaan sekolah. Sedangkan kemudahan yang dihadapi adalah melalui buku teks guru dibantu dalam menyampaikan materi pelajaran dan siswa dibantu dalam mengerjakan tugas serta belajar secara sistematis dalam mempelajari materi pelajaran PKn lebih lanjut. Bertolak dari temuan penelitian ini beberapa saran yang dapat peneliti ajukan guna mendukung pemanfaatan buku teks yaitu (1) guru perlu mempertimbangkan dalam memilih buku teks PKn sebelum digunakan dalam pembelajaran PKn. Disamping itu guru hendaknya memilih buku teks yang sesuai dengan kurikulum terbaru juga yang sudah lulus penilaian oleh BSNP. Guru hendaknya tidak hanya tergantung pada buku teks saja dan sebaiknya buku teks yang digunakan oleh guru tidak tunggal tetapi guru sebaiknya juga menggunakan buku penunjang lain sebagai bahan ajar (2) siswa perlu lebih memilih buku teks yang dapat menstimulasi merangsang aktifitas dan kreatifitas serta kemampuan berpikir siswa. Disamping itu siswa sebaiknya tidak hanya memakai satu buku teks saja sebab setiap buku teks memiliki kelebihan dan kekurangan agar kekurangan dari masing-masing buku teks PKn dapat dipenuhi dan sebaiknya siswa menggunakan buku teks yang sesuai dengan kurikulum terbaru (3) dinas Pendidikan seharusnya membantu memberi bantuan buku-buku teks PKn untuk perpustakaan sekolah sebagai upaya peningkatan pemanfaatan buku teks (4) keterlibatan orangtua perlu dilakukan dalam hal pengadaan buku teks serta pengawasan dan evaluasi buku teks yang digunakan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51433

Actions (login required)

View Item View Item